Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Bromo Dikabarkan Macet Saat Libur Lebaran, TNBTS Sudah Batasi Kunjungan

Kompas.com - 01/05/2023, 13:01 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Malang, Jawa Timur, ramai dikungjungi wisatawan saat libur Lebaran 2023.

Dampaknya, jalanan menuju kawasan Gunung Bromo menjadi padat. Kepala Bagian Tata Usaha TNBTS Septi Eka Wardhani menyampaikan bahwa pihak TNBTS sebenarnya telah membatasi jumlah kunjungan per harinya.

"Ada kuota (pengunjung) yang ditetapkan, yaitu saat ini 2.202 orang per hari," kata Septi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (1/5/2023).

Baca juga: Wisata Bromo Tetap Buka Saat Lebaran, Pengunjung Dilarang Dekati Kawah

Lebih lanjut Septi mengatakan kuota kunjungan tersebut memang sudah berlaku pada hari biasa, dan bukan semata karena momen libur Lebaran saja.

"(Kuota kunjungan) saat ini sama (dengan kuota kunjungan di hari normal), karena jumlah itu hanya 75 persen dari kapasitas maksimal pengunjung," tulis Septi.

Ramai, tetapi tidak macet

Berdasarkan pantauan Septi di lokasi, saat ini kondisi jalanan menuju ke Wisata Gunung Bromo landai, padat, dan tidak ada kemacetan yang berarti.

Adapun dikutip dari laman Kompas.com (21/4/2023), rincian kuota kunjungan ke kawasan Bromo ialah sebagai berikut:

  • Bukit Cinta: 93 orang per hari
  • Bukit Kedaluh: 321 orang per hari
  • Penanjakan: 666 orang per hari
  • Mentigen: 165 orang per hari
  • Sabana Teletubbies: 957 orang per hari

Bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Wisata Gunung Bromo, diimbau untuk membeli tiket secara online terlebih dahulu melalui laman resmi bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Ilustrasi wisatawan bersama jib di kawasan bromo.Shutterstock Ilustrasi wisatawan bersama jib di kawasan bromo.

Selain itu, Septi juga mengimbau wisatawan agar menggunakan jeep wisata yang disewakan oleh masyarakat lokal guna menghindari kemacetan.

Sebelumnya, dikutip dari Antara, sejumlah kendaraan nampak mengantre memasuki kawasan TNBTS pada Minggu (30/4/2023). Penumpukan kendaraan ini diperkirakan terjadi hingga satu kilometer.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com