Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalur Pendakian Merbabu via Suwanting Ditutup Sementara per Minggu, 30 April 2023

Kompas.com - 01/05/2023, 15:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendakian Gunung Merbabu di Jawa Tengah via Suwanting, Kabupaten Magelang, ditutup sementara oleh Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) mulai Minggu (30/4/2023).

Menurut informasi Kepala TNGM Junita Parjanti, penutupan dilakukan setelah evaluasi terhadap beberapa hal, termasuk di antaranya dalam rangka pembenahan organisasi dan sistem booking online pendakian.

Baca juga:

"Saat ini akan kita benahi dulu terkait penerapan booking online, penguatan kelembagaan di sana, dan akan dibenahi kembali organisasinya sebelum menerima tamu kembali," ucap Yunita kepada Kompas.com, Senin (1/5/2023).

Kapan jalur Merbabu via Suwanting buka lagi?

Adapun untuk informasi pembukaan kembali jalur pendakian Merbabu via Suwanting, masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut setelah perbaikan selesai dilakukan.

"Informasi pembukaan kembali belum ada waktu pastinya, tapi harapan kita nanti setelah adanya perbaikan kelembagaan, booking online dengan e-payment yang sudah bisa disepakati bersama, jalur pendakian Suwanting bisa segera dibuka. Mudah-mudahan tidak begitu lama," ucap Yunita lagi.

Baca juga: Rute dan Harga Jip Wisata di Ketep Pass, Puas Nikmati Indahnya Merapi dan Merbabu

Maka itu, bagi pendaki yang mau melakukan pendakian nantinya bisa melakukan booking online terlebih dahulu sebelum berangkat menuju jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.

Terutama guna memastikan ketersediaan kuota pendaki setiap harinya, bisa diakses melalui laman http://www.booking.tngunungmerbabu.org/app/

Pendaki bisa mendaki Gunung Merbabu melalui jalur lain, yakni Selo di Boyolali, serta Cunthel, Wekas, dan Thekelan di Kabupaten Magelang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com