Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2023, 15:03 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pendakian Gunung Merbabu di Jawa Tengah via Suwanting, Kabupaten Magelang, ditutup sementara oleh Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGM) mulai Minggu (30/4/2023).

Menurut informasi Kepala TNGM Junita Parjanti, penutupan dilakukan setelah evaluasi terhadap beberapa hal, termasuk di antaranya dalam rangka pembenahan organisasi dan sistem booking online pendakian.

Baca juga:

"Saat ini akan kita benahi dulu terkait penerapan booking online, penguatan kelembagaan di sana, dan akan dibenahi kembali organisasinya sebelum menerima tamu kembali," ucap Yunita kepada Kompas.com, Senin (1/5/2023).

Kapan jalur Merbabu via Suwanting buka lagi?

Adapun untuk informasi pembukaan kembali jalur pendakian Merbabu via Suwanting, masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut setelah perbaikan selesai dilakukan.

"Informasi pembukaan kembali belum ada waktu pastinya, tapi harapan kita nanti setelah adanya perbaikan kelembagaan, booking online dengan e-payment yang sudah bisa disepakati bersama, jalur pendakian Suwanting bisa segera dibuka. Mudah-mudahan tidak begitu lama," ucap Yunita lagi.

Baca juga: Rute dan Harga Jip Wisata di Ketep Pass, Puas Nikmati Indahnya Merapi dan Merbabu

Maka itu, bagi pendaki yang mau melakukan pendakian nantinya bisa melakukan booking online terlebih dahulu sebelum berangkat menuju jalur Pendakian Gunung Merbabu.

Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pemandangan dari Puncak Gunung Merbabu.

Terutama guna memastikan ketersediaan kuota pendaki setiap harinya, bisa diakses melalui laman http://www.booking.tngunungmerbabu.org/app/

Pendaki bisa mendaki Gunung Merbabu melalui jalur lain, yakni Selo di Boyolali, serta Cunthel, Wekas, dan Thekelan di Kabupaten Magelang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com