Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisatawan di Yogya Turun Saat Libur Lebaran, Sandiaga: Tindak Tegas Pengelola Parkir Nakal

Kompas.com - 03/05/2023, 07:07 WIB
Sania Mashabi,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya sedang memeriksa kabar tentang menurunya jumlah wisatawan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Sandiaga, sampai saat ini belum ada konfirmasi apa pun mengenai jumlah angka penurunan ataupun penyebabnya.

Baca juga: 10 Pantai di Yogyakarta, Cocok buat Libur Lebaran 2023 

"Jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta dikabarkan menurun ini lagi kita cek karena belum terkonfirmasi, salah satu faktornya akibat polemik tarif parkir," kata Sandiaga dalam Weekly Press Brefing yang disiarkan secara online, Selasa (2/5/2023).

Kendati demikian, Sandiaga tetap menginstruksikan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Yogyakarta untuk menindak tegas setiap pengelola parkir nakal yang menerapkan tarif di luar kesepakatan.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Sanksi yang terberat, kata Sandiaga adalah pencabutan izin operasional bagi tempat wisata yang menerapkan tarif parkir terlalu tinggi.

Sandiaga juga memahami ini adalah tahun pertama tidak lagi diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarat (PPKM).

Baca juga: Grebeg Syawal di Keraton Yogyakarta Digelar Lagi, Masyarakat Boleh Rebutan Gunungan

Namun ia mengimbau semua pihak untuk harus berempati pada kemampuan daya beli masyarakat saat ini.

"Masyarakat mengerluhkan biaya tiket mahal, biaya hidup yang tidak terjangkau. Nah ini justru kita harus lebih berempati," ujarnya.

Banyak yang ke Solo karena event Solo Menari

Sementara terkait adanya kabar yang menyebutkan lebih banyak wisatawan datang ke Solo, Sandiaga membenarkan hal tersebut.

Tetapi penyebab banyaknya wisatawan datang ke Solo karena ada penyelenggaraan acara salah satunya adalah Solo Menari.

Sandiaga Uno, Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Naik Kuda Menuju Balai Kota saat Kirab Solo Menari 2022 di Kota Solo, Jawa TengahKOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Sandiaga Uno, Gibran Rakabuming dan Jan Ethes Naik Kuda Menuju Balai Kota saat Kirab Solo Menari 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah

"Saya ke Solo juga memang penuh, tapi itu karena event ada Solo Menari, ada beberapa event besar di Solo," imbuh Sandiaga.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, kunjungan wisatawan saat libur Lebaran 2023 di DIY lesu, pihak Dinas Pariwisata DIY menduga polemik tarif parkir jadi salah satu faktor berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.

Baca juga: Air Terjun Kedung Kandang Dihancurkan, Sandiaga: Jangan Sampai Terulang Lagi

"Saya kira iya (polemik tarif parkir), hospitality itu jadi kunci utama pariwisata, tidak hanya parkir. Mungkin pedagang suvenir, pedagang di destinasi, pedagang di teras Malioboro satu dua jadi bagian pelaku pariwisata, mereka harus melayani dengan baik," kata Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com