Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata Halal di Maroko, dari Masjid hingga Istana

Kompas.com - 03/05/2023, 12:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Maroko merupakan sebuah negara yang berada di Benua Afrika. Mayoritas penduduk Maroko atau lebih dari 99 persen adalah seorang muslim, seperti dilansir dari Naturally Morocco. Oleh sebab itu, banyak ditemukan tempat wisata halal di Maroko

Baca juga: 10 Fakta Menarik tentang Maroko, Punya Kota Merah dan Kota Biru

Baca juga: Eksotisme Maroko dan 8 Tempat Wisata Populernya

Negara yang berbentuk kerajaan ini berbatasan dengan Samudera Atlantik dan Laut Mediterania di sebelah utara, seperti dilansir dari National Geographic.

Sementara itu, negara ini berbatasan dengan Aljazair dan Gurun Sahara Barat di sebelah selatan dan timur. Maroko merupakan salah satu negara di dunia yang memiliki garis pantai sangat panjang di Samudera Atlantik.

Secara geografis, wilayah negara ini sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan terjal.

Tempat wisata halal di Maroko 

Berikut sejumlah tempat wisata halal di Maroko seperti dihimpun oleh Kompas.com.

1. The Hassan II Mosque

Masjid Agung Hassan II, MarokoPixabay/Postcardtrip Masjid Agung Hassan II, Maroko

The Hassan II Mosque atau Masjid Hassan II merupakan masjid terbesar di Maroko, sekaligus salah satu masjid terbesar di dunia, seperti dilansir dari Have Halal With Travel.

Masjid yang berada di Casablanca ini, memiliki menara masjid tertinggi di dunia yakni setinggi 210 meter. Menara setinggi 60 lantai ini dilengkapi dengan laser, yang diarahkan langsung ke Mekkah.

Masjid yang selesai dibangun pada 1993 ini berdiri di sebuah tanjung yang langsung menghadap ke Samudera Atlantik. Perpaduan arsitektur mewah serta pemandangan lautan itu menghasilkan panorama yang benar-benar menakjubkan.

Baca juga: Christiano Ronaldo Buka Hotel di Maroko, Yuk Intip

Baca juga: Maroko Akan Kembali Buka Penerbangan Internasional Mulai 7 Februari

2. Masjid Koutoubia 

Masjid Koutoubia di Kota Marrakesh, MarokoShutterstock/Serenity-H Masjid Koutoubia di Kota Marrakesh, Maroko

Masjid ini merupakan landmark utama di Kota Marrakesh, Maroko. Kota Marrakesh merupakan salah satu kota destinasi wisata populer di Maroko dengan julukan Kota Merah.

Sebab, mayoritas bangunan di Kota Marrakesh berwarna merah. Melansir dari Travel Guide Marrakech, Masjid Koutoubia memiliki menara setinggi 77 meter.

Masjid Koutoubia dibangun pada pertengahan abad ke-12 oleh di bawah pemerintahan Ali bin Yusuf. Desain, arsitektur, dan konstruksi Masjid Koutoubia hampir menyerupai Masjid Agung Kairouan di Tunisia yang dianggap sebagai referensi arsitektur Islam.

Langit masjid ditopang oleh banyak kolom menjadi ciri khas Masjid Koutoubia. Masjid ini mampu menampung hingga 25.000 jamaah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com