Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata di Guci Tegal, Kolam Air Panas hingga Glamping

Kompas.com - 04/05/2023, 18:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Desa Guci di Kabupaten Tegal merupakan sebuah kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Slamet. Berada di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan air laut (mdpl) sehingga memiliki udara sejuk.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Tegal yang Cocok untuk Libur Panjang

Baca juga: 3 Museum Baru Dibuka di Indonesia, Ada di Jakarta dan Tegal

Kawasan Guci Tegal memiliki sejumlah tempat wisata populer. Salah satu wisata yang terkenal adalah pemandian air hangat dimana sumbernya berasal dari mata air alami Gunung Slamet.

Selain pemandian air panas, kawasan Guci Tegal masih memiliki sejumlah destinasi wisata menarik lainnya.

Tempat wisata di Guci Tegal 

Berikut daftar wisata di Desa Guci, Kabupaten Tegal seperti dihimpun Kompas.com.

1. Taman Wisata Air Panas Guci 

Pemandian Lima di Taman Wisata Air Panas Guci TegalShutterstock/Rahadian Perwiranegara Pemandian Lima di Taman Wisata Air Panas Guci Tegal

Taman Wisata Air Panas Guci adalah tempat wisata paling populer di Guci Tegal. Berkunjung ke Guci belum lengkap jika tidak berendam di kolam air panas.

Di kawasan Taman Wisata Air Panas Guci ada sejumlah kolam pemandian yang tersedia bagi wisatawan. Misalnya, Pancuran 13, Pancuran 7, dan Pancuran 5.

Nama pemandian air panas tersebut sesuai dengan jumlah pancuran yang berada di lokasi itu. Menariknya, air panas di Taman Wisata Air Panas Guci tidak berbau belerang. Sebagian masyarakat percaya bahwa air pancuran tersebut mampu menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

2. Hot Water Boom Guciku

Hot Water Boom Guciku menawarkan kolam pemandian air panas yang dilengkapi dengan wahana permainan. Meliputi kolam arus, Big Aqua Bucket, perosotan, flying fox, climbing, dan sebagainya. 

Obyek wisata ini menyediakan kolam untuk anak-anak dan dewasa. Fasilitasnya pun terbilang lengkap, seperti toilet, ruang ganti, gazebo, mushola, dan area parkir luas.

Serupa dengan Taman Wisata Air Panas Guci, air panas di Hot Water Boom Guciku juga berasal dari sumber mata air alami.

Baca juga: Waduk Cacaban di Tegal Buka Lagi, Catat Jam Buka dan Harga Tiketnya

Baca juga: Pantai Muarareja Tegal Sudah Berganti Wajah, Makin Berwarna

3. The Baron Hill Guci 

The Baron Hill Guci TegalTribun Banyumas/Desta The Baron Hill Guci Tegal

The Baron Hill Guci The adalah salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Tegal. Ikon obyek wisata ini adalah jembatan kaca sepanjang 43 meter yang berada di atas bukit dengan latar pemandangan kaki Gunung Slamet, seperti dikutip dari Tribun Travel.

Selain jembatan kaca, ada sekitar 19 spot foto Instagramable dan wahana di The Baron Hill Guci. Wisatawan bisa menikmati beragam wahana dan panorama indah di The Baron Hill Guci dengan membayar tiket Rp 20.000 per orang.

Obyek wisata ini berlokasi di Jalan Raya Karangsari-Guci, Kalengan, Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

4. Curug Pengantin 

Pesona Curug Pengantin adalah aliran air terjun kembar. Aliran air terjun tersebut sangat jernih sehingga cocok untuk wisatawan yang ingin healing di alam.

Curug Pengantin masih asri dengan bebatuan dan pepohonan hijau di sekitarnya. Wisatawan yang berkunjung bisa merasakan kesegaran kolam air di bawah aliran air terjun.

Tiket masuk ke Curug Pengantin sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 per orang. Selain itu, pengunjung dipungut retribusi parkir kendaraan roda dua yakni Rp 2.000 per unit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com