Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Destinasi Wisata Ini Banyak Dikunjungi Selama Libur Lebaran 2023

Kompas.com - 04/05/2023, 19:07 WIB
Sania Mashabi,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, ada 9 destinasi wisata yang banyak dikunjungi selama libur Lebaran 2023.

Data itu ia ungkapkan berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui berbagai macam platform.

Beberapa di antaranya adalah melalui media, survei yang dilakukan secara online, dan observasi lapangan.

Baca juga: Libur Lebaran, Desa Wisata Lewomada NTT Dikunjungi 200 Wisatawan Per Hari

"Kami mengawasi, mematau dan menyelesaikan beberapa kajian, pemetaan preferensi aktivitas wisatawan nusantara selama libur Lebaran 2023," kata Sandiaga Weekly Press Brefing yang disiarkan secara online, Selasa (2/5/2023).

Adapun ke-9 destinasi wisata itu adalah:

  1. Malioboro di Yogyakarta
  2. Ciwidey di Bandung
  3. Puncak di Bogor
  4. Borobudur di Magelang
  5. Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah
  6. Pangandaran di Jawa Barat
  7. Kebun Binatang Ragunan di Jakarta
  8. Ancol di Jakarta
  9. Pemandian Air Panas Guci di Tegal

Kebangkitan ekonomi di Indonesia

Menurut Sandiaga, banyaknya daerah yang ramai di kunjungi selama libur lebaran itu menjadi bukti bangkitnya ekonomi di Indonesia.

Baca juga: Wisata ke Desa Wisata Edelweiss Wonokitri, Lihat Budi Daya Bunga Abadi

Dia mengatakan, pengeluaran rata-rata wisatawan nusantara selama libur Lebaran 2023, pada 19-25 April 2023 saja, tercatat mencapai Rp 2,7 juta per orang.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Jumlah ini melampaui target yang diprediksi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebelumnya, yakni sebesar Rp 1,9 juta.

Baca juga: Desa Wisata Bowele, Punya Spot Surfing dan Snorkeling di Malang

"Data perolehan rata-rata pengeluaran selama libur Lebaran 2023 mencapai Rp 2.787.350 dari target Rp 1,9 juta," ujarnya.

Liburan di Jakarta bagi yang tidak mudik ke daerah

Selain itu, lanjut Sandiaga, selama libur Lebaran 2023, banyak masyarakat yang tidak mudik juga memilih berwisata di Jakarta. Hal tersebut terlihat dari ramainya pengunjung di berbagai tempat wisata di Ibu Kota saat libur Lebaran beberapa waktu lalu.

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Unik nan Instagrammable di Hong Kong

"Saya bisa menambahkan, saat saya ke mal, khususnya yang ada Jakarta Aquarium, itu penuh banget sampai 4.000 pengunjung," ucap dia.

Sejumlah tempat wisata unggulan lainnya di Jakarta juga dipadati pengunjung selama libur Lebaran 2023. Tempat wisata tersebut termasuk Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Monas, dan Masjid Istiqlal.

Suasana Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, pada Minggu (30/4/2023). KOMPAS.com/Dzaky Nurcahyo Suasana Taman Margasatwa Ragunan, Pasar Minggu, pada Minggu (30/4/2023).

Menariknya lagi, kata Sandiaga, transportasi umum di Jakarta juga menjadi salah satu daya tarik untuk berwisata di Ibu Kota, seperti MRT, Commuter Line (KRL), dan TransJakarta.

"Bahwa naik MRT itu bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi teman-teman yang mungkin di daerahnya tidak ada transportasi umum nyaman yang aman, dan punya daya tarik tersendiri. Apalagi transportasi publik tersebut dikelola dengan penuh profesional," ucapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com