Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2023, 13:12 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Candi Prambanan atau Candi Roro Jonggrang ialah komplek candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun ada abad ke-9 Masehi. Lokasinya ada di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Jawa Tengah.

Dikutip dari Kompas.com (20/11/2022), Candi Prambanan dibangun pada abad ke-8 Masehi ketika masa Kerajaan Mataram Kuno di bawah pemerintahan Rakai Pikatan.

Kemegahan Candi Prambanan yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan DIY pun masih bisa disaksikan oleh wisatawan hingga kini.

Baca juga: Siapa yang Membuat Candi Prambanan?

Namun di balik kemegahannya, Candi Prambanan punya legenda yang berkaitan dengan proses pembangunannya. Konon candi ini dibangun dalam semalam.

Layaknya sebuah legenda, ada beragam versi cerita yang kini beredar mengenai proses terbentuknya Candi Prambanan.

Salah satunya yaitu dari buku Roro Jonggrang: Kisah Seribu Candi di Tanah Prambanan karya Ahmad Ginanjar (2008) terbitan ALPRIN.

Legenda Roro Jonggrang, proyek pembangunan candi dalam semalam

Menurut ceritanya, pada zaman dahulu berdirilah dua kerajaan besar yang memang tidak pernah damai. Kerajaan tersebut bernama Kerajaan Pengging dan Kerajaan Prambanan.

Kerajaan Pengging pada saat itu dipimpin oleh seorang raja bernama Prabu Damar Mayo, sementara Kerajaan Prambanan dipimpin oleh Prabu Ratu Boko.

Kedua kerajaan ini kerap berperang karena berbagai hal, mulai dari masalah perbatasan, perdagangan, hingga daerah kekuasaan.

Baca juga:

Sampai suatu ketika terjadilah perang sengit yang menyebabkan banyak prajurit perang meninggal dunia dan pasukan Kerajaan Pengging dipukul mundur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com