Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2023, 16:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kondisi jalan menuju sejumlah tempat wisata di beberapa daerah Indonesia, saat ini masih jelek dan kurang baik.

Apalagi kalau tempat wisata itu masih tersembunyi dan belum terlalu dikenal. Jalan bergelombang dan berlubang biasanya akrab dijumpai. Mungkin wisatawan bisa jadi kasihan terhadap masyarakat setempat yang setiap hari harus melalui jalan jelek semacam itu.

Saat melintasi jalan jelek menuju tempat wisata, pengendara pun harus berhati-hati karena rawan menyebabkan kecelakaan, khususnya mereka yang mengendarai sepeda motor. 

Baca juga: Mobil Jokowi Tersangkut Saat Melewati Jalan Rusak di Lampung

Berikut ini Kompas.com rangkum 6 tips naik sepeda motor melewati jalan jelek dan penuh lubang yang dikutip dari postingan akun Twitter resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (@hubdat151), Jumat (5/3/2023):

1. Hindari rem mendadak

Pengendara sepeda motor hendaknya tidak melakukan pengereman secara mendadak ketika melewati jalan yang rusak dan penuh lubang.

Ilustrasi: Pengguna jalan melintas di ruas Jalan Gatot Soebroto, Kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2012). Di sepanjang ruas jalan tersebut dari Slipi menuju Kampung Melayu banyak terdapat lubang-lubang jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan.KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Ilustrasi: Pengguna jalan melintas di ruas Jalan Gatot Soebroto, Kawasan Semanggi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2012). Di sepanjang ruas jalan tersebut dari Slipi menuju Kampung Melayu banyak terdapat lubang-lubang jalan yang bisa membahayakan pengguna jalan.

Itu karena mengerem mendadak rawan menyebabkan selip. Terlebih, jalan rusak biasanya licin karena terdapat banyak pasir saat kering dan lumpur saat basah terkena hujan.

2. Jangan ngebut

Pengereman mendadak bisa dihindari, salah satunya dengan cara tidak memacu sepeda motor terlalu kencang.

Dengan begitu, pengendara bisa melakukan pengereman secara perlahan ketika tiba-tiba ada lubang di jalan, sehingga meminimalkan risiko selip.

Baca juga: Momen Jokowi Lintasi Jalan Rusak di Lampung: Melaju Pelan dengan Mobil Kepresidenan

Selain itu jika melaju terlalu kencang dan tiba-tiba ada lubang di jalan, pengendara bisa mengalami kecelakaan karena sepeda motor terperosok di lubang dalam kecepatan tinggi karena tidak sempat memperlambat laju kendaraan.

3. Posisikan tubuh dengan baik

Posisi tubuh saat mengendarai sepeda motor, terutama di jalan rusak, harus diperhatikan, yakni dengan tegak.

Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.Istimewa/Agus Suparto Presiden Joko Widodo melintasi jalanan rusak dalam kunjungannya ke Provinsi Lampung, Jumat (5/5/2023). Dalam kunjungan ini Jokowi menyatakan jika pemerintah daerah tak mampu memperbaiki jalan yang rusak maka akan ditarik ke pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com