Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Big Ben di Inggris Bertabur Cahaya Jelang Penobatan Raja Charles III

Kompas.com - 05/05/2023, 19:57 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Menara jam raksasa yang dikenal luas sebagai Big Ben di London, Inggris, akan "menyala" menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023). 

Pada Rabu (3/5/2023) malam, dilakukan uji coba proyeksi sejumlah gambar ke menara yang berada di Palace of Westminster tersebut.

Baca juga:

Dilansir dari BBC, Jumat (5/5/2023), gambar bunga-bunga nasional dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara dipancarkan ke menara setinggi 96 meter itu.

Bunga-bunga tersebut, di antaranya daffodil (bakung) dan shamrock. Warnanya pun bervariasi, dari biru hingga merah.

Baca juga: Bandara di Inggris Hapus Aturan Batas Cairan 100 Mililiter ke Pesawat

Masyarakat melihat The Elizabeth Tower, yang dikenal luas sebagai Big Ben, menampilkan aneka gambar pada Kamis (4/5/2023) menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023).Dok. AFP/Odd Andersen Masyarakat melihat The Elizabeth Tower, yang dikenal luas sebagai Big Ben, menampilkan aneka gambar pada Kamis (4/5/2023) menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023).

Tidak hanya itu, potongan lirik dari lagu kebangsaan God Save the King juga akan terlihat di bangunan menara sebelum penampilan puncak yakni lambang penobatan. 

Adapun lambang tersebut didesain oleh desainer produk asal Inggris, Sir Jony Ive.

Baca juga:

Gambar-gambar lainnya akan ditampilkan ke Big Ben setiap hari pada minggu ini. Dikutip dari Daily Mail, jadwalnya antara pukul 20.30 hingga 23.00 waktu setempat, termasuk saat malam penobatan Raja Charles III.

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (9/9/2022), Pangeran Charles naik takhta usai mangkatnya Ratu Elizabeth II pada September 2022 lalu. 

Baca juga: Ratu Elizabeth II Wafat, Lagu Kebangsaan Inggris Kembali Jadi God Save The King

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com