Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/05/2023, 12:51 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Empat bangunan ikonis di London, Inggris, akan dihiasi warna merah, putih, dan biru setelah pelantikan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023) malam.

Bangunan tersebut adalah London Bridge, Tower Bridge, Guildhall, dan Mansion House.

Baca juga:

"Penobatan pertama raja baru dalam 70 tahun akan jadi peristiwa yang cukup penting bagi negara kita," tutur Ketua Kebijakan City of London Corporation, Chris Hayward, dilansir dari Evening Standard, Sabtu (6/5/2023).

Menurutnya, menghiasi bangunan-bangunan ikonis tersebut dengan warna merah, putih, dan biru merupakan cara nyata untuk merayakan penobatan sekaligus menunjukkan dukungan kota tersebut.

Masyarakat bisa menyaksikannya pada Sabtu malam setelah upacara pelantikan, tepatnya dari pukul 20.00 hingga tengah malam waktu setempat. 

Baca juga:

Masyarakat melihat The Elizabeth Tower, yang dikenal luas sebagai Big Ben, menampilkan aneka gambar pada Kamis (4/5/2023) menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023).Dok. AFP/Odd Andersen Masyarakat melihat The Elizabeth Tower, yang dikenal luas sebagai Big Ben, menampilkan aneka gambar pada Kamis (4/5/2023) menjelang penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023).

Sebagai informasi, London Bridge dan Tower Bridge merupakan merupakan jembatan ikonis yang letaknya saling berdampingan, dikutip dari laman resminya.

Tower Bridge terbentang antara Tower Hamlets dan Southwark, dekat Tower of London dan Old City Hall, sedangkan London Bridge berada sedikit ke hulu, serta membentang di Sungai Thames dari City of London ke Southwark.

Sementara itu, Guildhall merupakan kantor dari City of London Corporation dan Mansion House merupakan kediaman resmi Wali Kota London.

Baca juga:

Selain keempat bangunan tersebut, menara jam raksasa Big Ben juga akan dihiasi bunga-bunga nasional dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (5/5/2023), akan ada pula potongan-potongan lirik lagu kebangsaan God Save the King di permukaan menara setinggi 96 meter itu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com