Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fakta Westminster Abbey, Lokasi Penobatan Raja Charles III 

Kompas.com - 06/05/2023, 13:06 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Raja Charles III akan menjalani prosesi penobatan sebagai raja Britania Raya pada Sabtu, (6/5/2023) pukul 11.00 waktu London atau sekitar 16.00 WIB.

Proses penobatan Raja Charles III akan digelar di Westminster Abbey. Sekitar 2.200 tamu diundang ke Westminster Abbey guna menyaksikan prosesi penobatan Raja Charles III.

Baca juga: Sejarah Westminster Abbey, Tempat Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II Digelar

Baca juga: Westminster Abbey, Lokasi Pernikahan Ratu Elizabeth II, Pemahkotaan, dan Pemakaman

Westminster Abbey merupakan sebuah gereja bersejarah di London, yang berlokasi dekat dengan Istana Westminster. Gereja bergaya gotik ini merupakan lokasi upacara pernikahan, penobatan, hingga prosesi pemakaman sejumlah anggota keluarga Kerajaan Inggris.

Termasuk, lokasi prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada 8 September 2022 lalu.

Fakta-fakta Westminster Abbey

Berikut fakta-fakta  Westminster Abbey seperti dihimpun Kompas.com.

Westminster Abbey, saksi pernikahan, penobatan, dan pemakaman Ratu Elizabeth II.UNSPLASH/JACK B Westminster Abbey, saksi pernikahan, penobatan, dan pemakaman Ratu Elizabeth II.

1. Sejarah Westminster Abbey

The Collegiate Church of St Peter, Westminster atau lebih dikenal dengan nama Westminster Abbey, merupakan sebuah gereja yang berlokasi di Westminster, London.

Sejarah gereja bergaya gotik ini bermula dari Raja Edward atau dikenal sebagai St. Edward the Confessor ketika mendirikan istana di tepi Sungai Thames pada 1040, seperti dilansir dari laman resminya. Jadi, usianya sekarang hampir 1.000 tahun.

Raja Edward juga membangun sebuah biara kecil di dekat istananya, yakni Biara Benediktin. Sayangnya, ketika gereja baru ditahbiskan pada 28 Desember 1065, Raja Edward sakit dan dan meninggal beberapa hari kemudian.

Pembangunan gereja tersebut berlanjut pada abad ke-13 di bawah pemerintahan Raja Henry III. Ia memutuskan untuk membangun kembali bangunan gereja dengan arsitektur gotik.

Kala itu, terjadi pembangunan besar-besaran sejumlah katedral, termasuk Inggris dan Perancis. Raja Henry III memutuskan bahwa Westminster Abbey tidak hanya menjadi gereja dan tempat ibadah, tetapi juga lokasi penobatan dan prosesi pemakaman para raja.

Gereja ini ditahbiskan pada 13 Oktober 1269. Sayangnya, Raja Henry III meninggal dunia sebelum bangunan gereja selesai seutuhnya.

2. Lokasi pernikahan, penobatan, dan pemakaman keuarga Kerajaan Inggris

 
Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, melambaikan tangan mereka kepada para pendukungnya dari balkon di Istana Buckingham, setelah penobatannya di Westminster Abbey. London, Juni. 2, 1953.AP PHOTO/IMAM via VOA INDONESIA Ratu Inggris Elizabeth II dan Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, melambaikan tangan mereka kepada para pendukungnya dari balkon di Istana Buckingham, setelah penobatannya di Westminster Abbey. London, Juni. 2, 1953.

Seperti disampaikan sebelumnya, Westminster Abbey tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah. Lebih dari itu, gereja ini menjadi lokasi pernikahan, penobatan, dan prosesi pemakaman para raja.

Melansir dari laman resminya, Westminster Abbey telah menjadi lokasi penobatan Raja Inggris sejak 1066. Penobatan Raja Inggris pertama yang digelar di Westminster Abbey adalah penobatan Raja William the Conqueror pada 25 Desember 1066 silam.

Raja Charles III akan menjadi raja ke-40 yang dinobatkan di Westminster Abbey. Selain lokasi penobatan, Westminster Abbey juga menjadi tempat pernikahan keluarga Kerajaan Inggris.

Setidaknya ada 16 pernikahan keluarga Kerajaan Inggris yang digelar di Westminster Abbey termasuk pernikahan mendiang Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.

Pangeran William dan Kate Middleton juga menggelar pernikahannya di Westminster Abbey pada 2011 lalu.

Westminster Abbey juga menjadi lokasi prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II sebelum akhirnya disemayamkan di King George VI Memorial Chapel.

Baca juga: Big Ben di Inggris Bertabur Cahaya Jelang Penobatan Raja Charles III

Baca juga: Manchester di Inggris Terapkan Pajak Turis mulai Rp 18.000 per 1 April

3. Lantai penobatan 

Cosmati pavement di gereja Westminster Abbey di London, Inggris, lokasi penobatan Raja Charles III.Dok. Westminster Abbey Cosmati pavement di gereja Westminster Abbey di London, Inggris, lokasi penobatan Raja Charles III.

Salah satu tempat menarik di Westminster Abbey adalah Cosmati Pavement yang merupakan lantai tempat penobatan para Raja Inggris.

Cosmati pavement adalah lantai mosaik dari marmer, batu, kaca, dan logam di depan High Altar, seperti dikutip dari Kompas.com (25/3/2023). Saat prosesi penobatan, kursi penobatan (coronation chair) akan diletakkan di atas Cosmati Pavement. 

Menariknya, lantai yang ditutup karpet selama berabad-abad akibat kerusakan ini, akan dibuka dan diperlihatkan ke publik saat pelantikan Raja Charles III. Sebelumnya, saat penobatan Ratu Elizabeth II pada 1953 dan Raja George VI pada 1937, lantai ini tetap ditutup.

Cosmati Pavement dibuat pada masa pemerintahan Raja Henry III dan selesai pada 1268. Lantai yang berusia lebih dari 700 tahun ini, dibuat oleh para ahli yang di datangkan langsung dari Roma, Italia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com