Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat di Texas Delay Sempat 3 Jam karena Koloni Lebah

Kompas.com - 07/05/2023, 22:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber NY Post,CNN

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Delta Air Lines sempat mengalami penundaan keberangkatan pesawat (delay) selama tiga jam.

Ternyata, penundaan keberangkatan tersebut dilakukan akibat adanya koloni lebah yang menempel di winglet pesawat pada Kamis, (4/5/2023).

"Percaya atau tidak, penerbangan Delta 1682 dari Houston-Bush menuju Atlanta mengalami delay kemaren sore setelah sekelompok lebah hinggap di winglet pesawat," kata pihak maskapai Delta Air Line dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN.

Baca juga:

Seorang pengguna Twitter, Anjali Enjeti menceritakan melalui unggahannya tentang insiden yang terjadi di Bandara George Bush Intercontinental tersebut.

"Mereka (pihak maskapai) tidak akan membiarkan kami naik (ke pesawat) sampai mereka mengeluarkan lebah. Tapi bagaimana ini terjadi, bukankah mereka (koloni lebah) akan meninggalkan sayap (pesawat) saat pesawat lepas landas?" tulis Enjeti.

Mulanya, para penumpang mengira pihak maskapai akan mendatangkan seorang ahli lebah untuk mengidentifikasi dan menyingkirkan lebah.

Kenyataannya, pihak maskapai memanggil seorang peternak lebah untuk menyelesaikan masalah ini.

Namun, kapten pesawat kemudian membatalkan rencana itu karena peternak lebah tidak diizinkan menyentuh pesawat.

Sementara bandara tidak punya alat-alat dan bantuan yang cukup untuk mengusir lebah-lebah tersebut.

"Bandara tidak memiliki selang untuk menyemprot mereka (koloni lebah) dengan air, dan tidak ada respons dari petugas pemadam kebakaran," kata sang kapten dikutip dari New York Post.

Baca juga:

Melalui unggahannya, Enjeti menceritakan bahwa seseorang juga berusaha untuk berjalan ke arah sayap pesawat dengan membawa selang. Namun pada akhirnya orang tersebut memilih untuk mundur.

Selain itu pihak maskapai juga berusaha untuk meniupkan knalpot ke koloni lebah, namun tindakan tersebut tidak berhasil mengusir lebah.

Namun, saat seluruh awak pesawat turun dari pesawat dan berencana akan memindahkan penumpang ke pesawat lain, seketika koloni lebah terbang sesaat setelah mesin pesawat dinyalakan.

"Yang harus dilakukan oleh maskapai Delta hanyalah menghidupkan pesawat," tulis Enjeti.

Penerbangan yang dijadwalkan berangkat pukul 12.25 waktu setempat itupun akhirnya lepas landas sekitar pukul 16.30.

Atas kejadian tersebut, maskapai Delta Air Line meminta maaf kepada pelanggan atas penerbangan yang tertunda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NY Post,CNN


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com