Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2023, 11:13 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Ingin mencari tempat wisata dengan pemandangan indah dari ketinggian di Yogyakarta, kamu bisa berkunjung ke Candi Ijo.

Situs peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini berada di ketinggian sekitar 395,481 meter di atas permukaan laut (mdpl), kawasan perbukitan sebelah timur dari Kota Yogyakarta.

Dengan demikian, Candi Ijo tidak hanya menyajikan situs sejarah yang dibangun pada abad ke-9 Masehi, tetapi juga menyuguhkan keindahan panorama alam.

Baca juga: Sejarah Candi Ijo di Sleman, Peninggalan Mataram Kuno dari Abad ke-9

Saat cuaca cerah, wisatawan bisa menyaksikan keindahan dataran rendah Yogyakarta di sisi barat dan Perbukitan Menoreh yang memanjang bagai benteng raksasa di ufuk barat.

Lokasi Candi Ijo juga berdekatan dengan tempat wisata lain, seperti Tebing Breksi, sehingga bisa sekalian dikunjungi.

Harga tiket dan jam buka Candi Ijo

Apabila berencana dan ingin berkunjung ke Candi Ijo, maka wisatawan tidak perlu khawatir harus membayar tiket masuk yang mahal.

Candi Ijo merupakan salah satu tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang harga tiket masuknya cukup terjangkau.

Baca juga: Lokasi dan Rute ke Candi Ijo, Peninggalan Mataram Kuno di Perbukitan Yogyakarta

Dikutip dari laman resmi Desa Sambirejo, Kepanewon atau Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (9/2/2023), harga tiket masuk ke Candi Ijo hanya Rp 7.000 per orang untuk WNI dan Rp 15.000 untuk turis asing.

Candi induk dan candi perwara di Kompleks Candi Ijo.Wikimedia Commons Candi induk dan candi perwara di Kompleks Candi Ijo.

Adapun untuk jam buka, Candi Ijo bisa dikunjungi mulai pagi sampai sore hari, tepatnya pukul 09.00 sampai 17.00 WIB saat hari biasa dan pukul 07.00 sampai 17.00 WIB saat hari libur.

Dengan begitu, wisatawan tidak bisa berburu sunset atau matahari terbenam di Candi Ijo, meski pemandangan ke arah barat terhampar luas.

Baca juga: Main ke Puri Mataram, Pilihan Wisata Murah Meriah di Sleman

Apabila ingin berburu sunset, wisatawan bisa berkunjung ke Tebing Breksi yang tidak jauh dan buka sampai malam hari.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com