Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Berkunjung ke Galeria Sophilia, Datang Sebelum Jam 12.00

Kompas.com - 08/05/2023, 15:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Galeria Sophilia di Jakarta Utara adalah salah satu galeri seni yang menyimpan koleksi lukisan-lukisan barat kuno dan kebudayaan lama kerajaan China.

Jika mencari galeri seni unik di Jakarta untuk mempelajari karya-karya budaya dari barat lama dan kerajaan China, cobalah mampir ke galeri ini.

Lokasinya ada di lantai 6 dan 7 Calvin Tower, Jalan Industri Raya Blok B14 Kav. 1, Kemayoran, Jakarta Utara. Jam bukanya adalah setiap hari Minggu pukul 12.00-15.00 WIB.

Baca juga: Galeria Sophilia: Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket

Saat berkunjung ke galeri, ada beberapa tips sekaligus aturan yang harus diperhatikan oleh pengunjung.

"Ada beberapa aturan dan imbauan yang bisa diperhatikan pengunjung," ujar Manajer Galeria Sophilia, Gaby, saat ditemui Kompas.com, Minggu (7/5//2023). 

Beberapa di antaranya seperti tidak menyentuh lukisan, tidak merokok, tidak berlari-lari, dan tidak makan serta minum.

Tips berwisata ke Galeria Sophilia

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tips dan aturan kunjungan ke Galeria Sophilia, berikut Kompas.com himpun informasinya. 

1. Tidak menyentuh lukisan

Deretan koleksi lukisan kuno dari Barat yang terpajang di Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Deretan koleksi lukisan kuno dari Barat yang terpajang di Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara.

Gaby mengatakan, meski sudah tertera peraturan di dinding galeri agar pengunjung tidak menyentuh koleksi lukisan, kejadian ini masih cukup sering terjadi. 

"Sayangnya masih banyak pengunjung yang suka kepo menyentuh lukisan. Tapi itu tidak boleh ya, karena keringat kita itu (bisa) merusak (karya seni)," terang dia. 

Baca juga: 6 Spot Foto Instagramable di Galeria Sophilia, Latarnya Lukisan dan Patung Kuno

Menurutnya, untuk menikmati karya seni, cukup menghargainya dengan cara dipandang dan dilihat, tetapi tidak disentuh. 

2. Boleh foto di lantai 6, tanpa lampu kilat

Sebagai informasi, Galeria Sophilia terdiri dari dua lantai yang ada di dalam gedung Calvin Tower, Kemayoran, Jakarta Utara.

Penampakan patung Venus De Milo di dalam area Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Penampakan patung Venus De Milo di dalam area Galeria Sophilia di Calvin Tower, Jakarta Utara.

Lantai 6 adalah ruang koleksi lukisan kuno dari barat, sedangkan lantai 7 adalah ruang koleksi peninggalan kebudayaan kerajaan China ratusan tahun lalu. 

Pengunjung hanya diizinkan mengambil gambar ataupun video di lantai enam. Syaratnya juga hanya boleh menggunakan kamera ponsel tanpa lampu kilat (flash).

Baca juga: 6 Spot Foto Instagramable di Galeria Sophilia, Latarnya Lukisan dan Patung Kuno

"Lantai 7 tidak boleh berfoto, kalau lantai 6 bebas. Tapi hanya pakai kamera ponsel saja, alat lainnya tidak diizinkan. Sama tidak boleh menggunakan flash," kata Gaby. 

Hal ini, ia katakan, merupakan upaya merawat lukisan, agar warna dan kualitasnya tetap terjaga.  

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com