Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

574.205 Turis Kunjungi Cirebon Sejak Awal 2023, Mayoritas Kulineran

Kompas.com - 08/05/2023, 17:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Jawa Barat mencatat sebanyak 574.205 turis berkunjung selama triwulan pertama 2023, baik turis domestik maupun mancanegara.

Data tersebut dikumpulkan dari berbagai penyedia jasa, seperti hotel, tempat makan, dan destinasi wisata.

"Pada triwulan pertama wisatawan yang datang ke Kota Cirebon tercatat sebanyak 574.000 orang," kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya di Cirebon, Senin (8/5/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Turis domestik masih mendominasi dengan jumlah 562.653 orang, sementara turis mancanegara sejumlah 11.552 orang.

Di antara angka kunjungan lebih dari setengah juta orang itu, kuliner masih menjadi tujuan terbanyak, baik kuliner tradisional maupun modern.

Agus pun mengakui, hal itu juga sejalan dengan pertumbuhan tempat makan yang kian meningkat. Meski demikian, ia belum bisa memaparkan datanya karena belum semua sektor melaporkan kunjungan wisata.

Ia menjelaskan saat ini Kota Cirebon, menjadi salah satu destinasi wisata kuliner, mengingat beragam kuliner mulai dari tradisional atau khas daerah, sampai yang modern terus bermunculan.

"Sekarang yang paling banyak di tempat makan atau restoran, dan pertumbuhannya pun semakin meningkat," tuturnya.

@kompastravel Alun-alun tapi kok kece banget?? Yess, kamu bisa mampir ke Alun-alun Kejaksan kalau lagi di Cirebon. Nggak cuma cocok buat berburu foto-foto ciamik, di sekitarnya juga banyak jajanan murah meriah. Pernah ke sini?? #wisatacirebon #cirebonpride #alunalunkejaksan #cirebonhitz ? Senja Teduh Pelita - MALIQ & D'Essentials

Meskipun, jika dibandingkan dengan triwulan pertama tahun 2022 kunjungan wisata ke Cirebon mengalami penurunan yang cukup signifikan. 

Pada triwulan pertama tahun 2022, kunjungan wisata ke Cirebon mencapai 1,2 juta orang.

"Memang data yang masuk belum secara keseluruhan, terkadang ada beberapa yang baru melaporkan pada triwulan kedua atau ketiga," katanya.

Baca juga: Menikmati Pagi di Alun-alun Kejaksaan Cirebon, Bisa Foto dan Kulineran

Adapun sejumlah destinasi wisata di Cirebon yang dapat dikunjungi termasuk Alun-alun Kejaksan, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Goa Sunyaragi.

Sementara kuliner populernya seperti nasi lengko, nasi jamblang, bubur sop, dan docang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com