Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2023, 19:55 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Portofino termasuk salah satu destinasi wisata populer di Italia. Kota kecil di tepi pantai ini menawarkan pemandangan laut dan dermaga, ditambah bangunan beraneka warna.

Namun, meski pemandangannya cukup Instagramable, wisatawan diimbau untuk tidak seenaknya mengambil foto atau berswafoto di kota tersebut.

Baca juga:

Wali Kota Portofino, Matteo Viacava, memberlakukan no-waiting zones atau area di mana wisatawan dilarang berkeliaran terlalu lama untuk mengambil foto atau selfie. 

Adapun batas waktu no-waiting zones mulai pukul 10.30 hingga 18.00 waktu setempat. Wisatawan yang melanggar berisiko kena denda 270 euro atau sekitar Rp 4,3 juta.

"Tujuannya bukan untuk membuat tempat ini lebih eksklusif, tapi untuk memberi kesempatan bagi semua orang untuk menikmati keindahan (Portofino)," ujar Viacava, dikutip dari Schengenvisainfo.com, Senin (8/5/2023).

Baca juga: Daerah Ini di Italia Gratiskan Atraksi Wisata untuk Turis

Ilustrasi Portofino, Italia.Dok. Unsplash/Nick Fewings Ilustrasi Portofino, Italia.

Berlaku hingga pertengahan Oktober 2023, peraturan ini diterapkan lantaran jumlah wisatawan yang mengambil foto atau selfie terlalu banyak sehingga menutup akses jalan.

Baca juga:

Sebagai informasi, jumlah penduduk Portofino hanya sekitar 400 orang, atau tidak sebanding dengan jumlah kunjungan wisatawan yang bisa melebihi 10.000 orang.

Hal tersebut, dilansir dari Euronews, mengakibatkan kemacetan dan terlalu padatnya orang-orang di jalan.

Baca juga: Kota di Italia Ini Larang Pengunjung Pakai Bikini dan Telanjang Dada

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com