Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Penerbangan Terpendek di Dunia, Cuma 2 Menit di Udara

Kompas.com - 08/05/2023, 23:55 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada sejumlah rute penerbangan terpendek di dunia yang menarik untuk diketahui. Mayoritas rute penerbangan terpendek di dunia tersebut menghubungkan dua pulau dalam satu wilayah.

Selain itu, sebagian besar destinasi dalam rute penerbangan terpendek di dunia adalah obyek wisata populer di dunia.

Baca juga: 10 Penerbangan Terpanjang di Dunia, Ada yang Lamanya 19 Jam

Baca juga: Qantas Bakal Punya Penerbangan Terpanjang di Dunia, 19 Jam di Udara

Melansir Travel and Leisure, rute penerbangan terpendek di dunia adalah dari Pulau Westray ke Pulau Papa Westray di Skotlandia. Perjalanan itu hanya butuh waktu dua menit di udara.

Penerbangan terpendek di dunia

Berikut rute penerbangan terpendek di dunia seperti dihimpun Kompas.com dari Travel and Leisure dan Times of India.

1. Westray ke Papa Westray

Dua titik bandara di Pulau Westray dan Papa Westray di Kepulauan Orkney Inggris.Google Maps Dua titik bandara di Pulau Westray dan Papa Westray di Kepulauan Orkney Inggris.

Penerbangan terpendek di dunia adalah rute Westray menuju Papa Westray. Keduanya merupakan pulau di Skotlandia di Britania Raya. Rutenya hanya 2,74 kilometer (km) yang ditempuh hanya dalam dua menit.

Bahkan, jika aliran angin lebih kencang perjalanan tersebut cuma perlu waktu 47 detik. Rute penerbangan dari Westray ke Papa Westray sudah tercatat sebagai penerbangan terpendek di dunia versi Guinness World Record.

Rute tersebut dioperasikan oleh maskapai penerbangan regional Skotlandia, Loganair sejak September 1967. Hingga saat ini, penerbangan terpendek di dunia masih beroperasi.

Alternatif transportasi lain yang menghubungkan kedua pulau itu adalah menggunakan perahu selama 20 menit. Namun, jalurnya cukup bergelombang.

2. Karpathos ke Kasos

Selanjutnya, ada rute Karpathos menuju Kasos pada posisi kedua penerbangan terpendek di dunia. Keduanya merupakan pulau di Yunani.

Penumpang hanya membutuhkan waktu lima menit di udara. Penerbangan terpendek di dunia itu dilayani menggunakan Olympic Air, maskapai penerbangan terbesar di Yunani.

Selain pesawat, perjalanan dari Karpathos menuju Kasos juga dapat dijangkau melalui kapal feri sepanjang 3,2 km.

3. St. Maarten ke Anguila

Pantai Maho yang berada di dekat Bandara Internasional Princess Juliana di Pulau Saint Martin, Sint Maarten. Lokasi ini dikenal karena pantai yang begitu dekat dengan pesawat ketika mendarat.via WIKIMEDIA COMMONS (Todd Neville) Pantai Maho yang berada di dekat Bandara Internasional Princess Juliana di Pulau Saint Martin, Sint Maarten. Lokasi ini dikenal karena pantai yang begitu dekat dengan pesawat ketika mendarat.

St. Maarten merupakan sebuah pulau serta negara konstituen Belanda, sedangkan Anguilla adalah pulau yang berlokasi di Karibia. Perjalanan antara kedua pulau tersebut bisa ditempuh menggunakan pesawat hanya dalam 10 menit.

Oleh sebab itu, perjalanan dari St. Maarten ke Anguila menjadi salah satu penerbangan terpendek di dunia. Penumpang bisa bertolak dari Bandara Internasional Princess Juliana di St. Maarten.

Selain pesawat, wisatawan bisa menggunakan kapal feri dengan waktu tempuh 25 menit.

4. Connemara ke Inishmore

Connemara dan Inishmore adalah pulau di Irlandia barat. Kedua pulau tersebut bisa dijangkau dengan perjalanan udara hanya dalam 10 menit.

Oleh sebab itu, perjalanan dari Connemara ke Inishmore menjadi salah satu penerbangan terpendek di dunia.

Selain pesawat, wisatawan yang hendak bepergian antara dua pulau itu bisa naik kapal feri selama satu jam. Adapun jarak kedua pulau sekitar 19,5 km.

Baca juga: Pesawat di Texas Delay Sempat 3 Jam karena Koloni Lebah

Baca juga: Jangan Panik jika Dengar Suara Berisik dari Mesin Pesawat, Ini Penjelasannya

5. St. Maarten ke Saba

St. Maarten kembali ke daftar rute penerbangan terpendek di dunia. Kali ini tujuannya adalah Pulau Saba di Karibia.

Kedua destinasi tersebut bisa ditempuh dengan perjalanan udara selama 15 menit. Jaraknya, sekitar 44 km.

Salah satu rute penerbangan terpendek di dunia itu dioperasikan oleh maskapai Air France. Selain jalur udara, kedua wilayah bisa dijangkau naik kapal feri selama 90 menit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com