Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Biaya Masuk Turis Asing ke Thailand Diundur ke September 2023

Kompas.com - 09/05/2023, 22:14 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Rencana penerapan biaya masuk wisatawan asing ke Thailand sebesar 300 baht (sekitar Rp 131.297) diundur ke September 2023, dari yang awalnya Juni 2023.

Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Phiphat Ratchakitprakarn, menyampaikan bahwa rencana tersebut tidak akan dibatalkan atau diundur menjadi setelah bulan September 2023, dikutip dari Bangkok Post, Selasa (9/5/2023).

Baca juga:

Kendati demikian, metode pemungutan biaya masuk, yang rencananya dikenakan ke biaya tiket pesawat, mendapat tanggapan yang beragam karena dianggap selektif, sekaligus tidak mengutamakan kesetaraan.

Pihaknya juga tengah mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan pihak eksternal terkait pemungutan biaya masuk melalui aplikasi daring, situs web, atau kios. 

Baca juga: Tali Bungee Jumping di Thailand Putus, Turis Selamat karena Bisa Renang

Ilustrasi Bandara Suvarnabhumi di Thailand.Dok. UNSPLASH/Ruben Sukatendel Ilustrasi Bandara Suvarnabhumi di Thailand.

Dilansir dari Khaosod English, biaya masuk ini terpisah dengan pajak keberangkatan yang telah lama dikenakan ke biaya tiket pesawat. 

Biaya tersebut bervariasi tergantung bandara. Bandara Suvarnabhumi di Bangkok, misalnya, mengenakan biaya sekitar 700 baht (sekitar Rp 306.349).

Baca juga:

Sebelumnya dilaporkan oleh Kompas.com, Kamis (16/2/2023), biaya masuk sebesar 300 baht akan dikenakan ke kedatangan lewat jalur udara.

Sementara itu, biaya masuk sebesar 150 baht (sekitar Rp 65.646) akan dikenakan ke kedatangan lewat jalur darat atau laut.

Biaya tersebut  digunakan untuk mengelola dan mengembangkan pariwisata Thailand, termasuk bagi wisatawan asing selama mereka tinggal di negara tersebut.

Baca juga: Tak Hanya Bangkok, Ini 3 Kota Destinasi Unggulan dari Thailand

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com