Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/05/2023, 16:14 WIB

KOMPAS.com - Cilacap memiliki sejumlah destinasi pantai yang indah untuk dikunjungi, salah satu yang populer adalah Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu terletak di Kabupaten Cilacap, tepatnya di Kelurahan Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Murah Meriah di Cilacap, Bisa Singgah Saat Mudik

Jaraknya sangat dekat dengan pusat pemerintahan atau pusat kota yaitu sekitar 2 kilometer (km). 

Lokasi Pantai Teluk Penyu juga tidak jauh dari Pulau Nusakambangan yang merupakan salah satu lembaga pemasyarakatan terkenal di Indonesia, dan dekat dengan situs bersejarah Benteng Pendem.

Tulisan Pantai Teluk Penyu di Cilacap, Jawa Tengah. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tulisan Pantai Teluk Penyu di Cilacap, Jawa Tengah.

Obyek wisata andalan Cilacap ini dikatakan memiliki sejarah di balik penamaannya. Dilansir dari Tribunnewswiki, Rabu (10/5/2023), dikatakan dulunya ada banyak penyu yang hidup dan berkembang biak di pinggir pantai.

Namun, penyu-penyu itu bermigrasi ke Bali dan Lombok karena padatnya lalu lintas kapal-kapal milik Pertamina. Oleh karena itu, para penyu tidak lagi dapat ditemukan. 

Baca juga: 25 Wisata Cilacap Lengkap, Ada Pantai hingga Air Terjun 

Menikmati deburan ombak di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Usai mengunjungi Benteng Pendem Cilacap, Jumat (14/4/2023), Kompas.com memutuskan mampir ke Pantai Teluk Penyu yang berlokasi persis di depan pintu gerbang masuk benteng. 

Pantai ini memanjang cukup jauh, tanpa ada pintu gerbang masuk sehingga pengunjung bisa bebas parkir di sepanjang tempat parkir yang tersedia di seberang pantai. Kemudian, masuk lewat akses mana saja. 

Ombak tinggi yang menabrak pemecah ombak di Pantai Teluk Penyu. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Ombak tinggi yang menabrak pemecah ombak di Pantai Teluk Penyu.

Terdapat aneka kerajinan kerang dan souvenir lainnya yang dijual di sepanjang koridor jalan masuk lokasi wisata Pantai Teluk Penyu.

Siang menjelang sore itu, cuaca Cilacap sedang cukup mendung. Deburan ombak laut terdengar semakin kencang, bergulung-gulung mendekati bibir pantai. 

Baca juga: 12 Wisata Pantai di Cilacap Paling Hits, Cocok untuk Liburan

Sejauh mata memandang, Kompas.com tidak melihat adanya kapal nelayan yang berlayar di dekat pantai, melainkan hanya beberapa kapal tanker pengangkut minyak dari kejauhan. 

Ombak yang cukup tinggi, terlihat berulang kali menabrak beton-beton pemecah ombak yang biasa dijadikan untuk duduk menikmati angin laut atau tempat lompat untuk berenang. 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com