Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Lumajang: Indahnya Sunset di Padang Sabana Pantai Pandanwangi

Kompas.com - 12/05/2023, 12:31 WIB
Miftahul Huda,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LUMAJANG, KOMPAS.com - Kabupaten Lumajang di Jawa Timur, punya banyak tempat dengan panorama indah, mulai dari pegunungan, danau, hingga pantai.

Tidak sampai di situ, Kabupaten Lumajang ternyata punya padang sabana di tepi laut yang pas untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam atau sunset.

Padang Savana Pantai Pandanwangi adalah nama tempat ini. Lokasinya ada di Desa Pandanwangi, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca juga: Pemandian Tirtosari Lumajang, Bisa Foto Underwater Bareng Ikan-ikan

Jarak tempuh dari pusat Kabupaten Lumajang menuju Padang Sabana Pantai Pandanwangi adalah sekitar 24 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Keindahan Padang Savana Pandanwangi, Lumajang

Hamparan rumput hijau yang indah berpadu dengan debur ombak pantai selatan Jawa menjadikan tempat ini punya keunikan tersendiri. 

Bagaimana tidak, tempat ini jadi satu-satunya pantai di Kabupaten Lumajang yang memiliki hamparan rumput berwarna hijau di pinggir pantai.

Baca juga: 5 Oleh-oleh Khas Lumajang, Pisang Agung hingga Nasi Kelor

Semilir angin pantai berpadu dengan hamparan rumput hijau dengan beberapa kubangan air yang membentuk seperti danau, akan membuat wisatawan merasa betah  berlama-lama di tempat ini. 

Padang Savana Pantai Pandanwangi Lumajang.KOMPAS.com/MIFTAHUL HUDA Padang Savana Pantai Pandanwangi Lumajang.

Kalau beruntung, kita bisa melihat serunya balapan kerbau yang biasanya berjemur dan mencari makan di tempat ini.

Bahkan, pada waktu-waktu tertentu, pengunjung juga bisa melihat langsung hebatnya tentara angkatan udara Indonesia mengoperasikan alutsista untuk menjaga kedaulatan NKRI.

Sore hari di Padang Savana Pandanwangi

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke padang savana adalah sore hari. Pengunjung bisa menghabiskan waktu sore bersama keluarga sambil melihat indahnya panorama matahari tenggelam atau sunset

Kompas.com sempat mengunjungi Padang Savana Pandanwangi pada Rabu (10/5/2023). Tempat ini bisa dikatakan sebagai salah satu hidden gem di Lumajang. Pasalnya, suasana asri wisata alam masih begitu terasa saat pertama kali kita masuk ke tempat ini.

Baca juga: Jembatan Baru Gladak Perak Lumajang, Jadi Tempat Wisata

Tempat yang bersih nan indah sangat cocok bagi mereka yang suka berswafoto untuk memenuhi kolom media sosial. 

Sayangnya, belum ada moda transportasi umum untuk menuju tempat ini. Papan petunjuk arah pun belum banyak terpasang. 

Sehingga, pengunjung perlu memaksimalkan ponsel genggam kita dengan aplikasi Google Maps. Atau, juga bisa bertanya kepada warga arah menuju Padang Savana Pandanwangi.

Sore hari di Padang Savana Pandanwangi Lumajang.KOMPAS.com/MIFTAHUL HUDA Sore hari di Padang Savana Pandanwangi Lumajang.

Saat ini, belum ada tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membawa uang untuk ngopi sambil menikmati suasana senja. sambil menunggu senja tiba. 

Ana, salah satu pengunjung mengatakan, yang paling ditunggu saat datang ke Padang Savana adalah matahari tenggelamnya atau sunset.

Baca juga: Simbar Semeru Lumajang, Camping Ditemani Gemuruh dan Lava Pijar Semeru

"Segar disini. Suasananya enak daripada di kota. Kalau yang paling ditunggu ini sunset-nya," katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com