Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/05/2023, 15:03 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Bandara Internasional Hang Nadim Batam di Kepulauan Riau (Kepri) dijadwalkan menerima penerbangan carter dari Korea Selatan pada, Sabtu 20 Mei 2023 sekitar pukul 00.00 WIB.

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam Muhammad Rudi mengatakan bahwa apabila penerbangan carter dari Korea Selatan ini berhasil, diharapkan ke depannya ada rute penerbangan permanen dari Negeri Gingseng ke Batam dan sebaliknya.

Dalam rapat bersama PT Bandara Internasional Batam (BIB) beberapa waktu yang lalu, sambung dia, pembukaan rute permanen dari Korea Selatan ke Batam memang tidak semudah yang dibayangkan.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam Bakal Punya City Drop Baggage, Ini Fungsinya

Sebab, setiap maskapai penerbangan sudah mempunyai kesepakatan penerbangan dari luar negeri ke wilayah Indonesia.

"Rute ke Indonesia pun sudah dibagi, paling banyak ke Jakarta dan Bali. Pastinya mereka tidak akan izinkan saya tarik ke sini (Batam), maka harus tambah line baru. Dan line baru (tidak mudah). Prosesnya agak panjang," terang Rudi.

Sehingga, saat ini penerbangan langsung dari Korea Selatan ke Batam masih menggunakan sistem carter.

Upaya hadirkan penerbangan langsung Batam-Korsel

Jika kedepannya penerbangan ke luar negeri ini banyak peminatnya, maka BP Batam bersama dengan PT BIB akan mencari rute baru untuk penerbangan ke luar negeri.

"Tidak hanya penerbangan ke Korea Selatan, tetapi juga penerbangan ke China hingga Australia akan kami garap. Karena janjinya BIB, minimal mendatangkan tiga penerbangan langsung dari luar negeri ke Kota Batam. Tidak termasuk Malaysia, karena Malaysia susah eksisting masuk ke Batam," papar Rudi.

Baca juga: Bandara Hang Nadim Batam Dikabarkan Turun Status Jadi Domestik, Ternyata...

Adapun saat ini Bandara Hang Nadim terus berbenah guna mendatangkan lebih banyak wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Batam.

Bandara Hang Nadim Batam.SHUTTERSTOCK/SONY HERDIANA Bandara Hang Nadim Batam.

Bahkan saat ini, desain terminal 2 Bandara Hang Nadim sudah selesai dan terbuka bagi siapa saja yang ingin ikut dalam lelang pembangunan Bandara Hang Nadim.

"Anggarannya besar sekali. Karena anggaran keseluruhannya Rp6,89 triliun. Target kami tahun 2040, Bandara Hang Nadim ini bisa menampung sampai 40 juta penumpang per tahunnya. Maka pembangunan Bandara ini harus segera diselesaikan," pungkas Rudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com