Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Air di Klaten, Kota 1001 Umbul 

Kompas.com - 13/05/2023, 23:47 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

 

KOMPAS.com - Klaten merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Salah satu daya tarik Klaten adalah destinasi wisata berupa umbul atau sumber mata air yang muncul secara alami dari dalam tanah. Tak heran, Klaten dijuluki sebagai Kota 1001 umbul selain Kota Seribu Candi.

Baca juga:

Menariknya, salah satu umbul tersebut menjadi lokasi pelaksanaan tradisi padusan menjelang Ramadhan oleh masyarakat Jawa. Padusan dilakukan dengan cara cara berendam atau mandi di sumber mata air bertujuan menyucikan diri serta membersihkan jiwa dan raga menyambut datangnya bulan suci. 

Wisata air di Klaten

Berikut sejumlah tempat wisata air di Klaten seperti dihimpun Kompas.com. Jika berkunjung ke Klaten, jangan lupa untuk singgah ke tempat wisata air tersebut. 

1. Umbul Ponggok 

Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyewa jasa warga setempat yang berprofesi sebagai fotografer bawah air, Minggu (14/8/2016).

Jika membahas tempat wisata air di Klaten, kita tidak bisa melupakan Umbul Ponggok. Ikon wisata air di Klaten ini adalah wisata bawah air yang memiliki spot foto Instagramable di dalamnya.

Lokasinya berada di Jalan Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Mengutip Kompas.com (8/8/2020), keunikan Umbol Ponggok adalah dasar kolam berupa pasir dan berisi berbagai jenis ikan. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidak bau amis karena terus mengalir.

Wisatawan yang masuk ke dalam kolam bisa menemui beberapa properti foto menarik, seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop.

Selain berfoto bersama ikan dan beberapa properti, wisatawan juga bisa snorkeling dan diving di Umbul Ponggok.

2. Umbul Manten 

Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan.

Tempat wisata air di Klaten selanjutnya adalah Umbul Manten yang berlokasi di Desa Sidowayah, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Suasana Umbul Manten masih alami dan asri karena banyak pohon besar di sekitar kolam. Selain itu, air di Umbul Manten sangat jernih sehingga bebatuan di dasar kolam bisa terlihat dengan jelas.

Wisatawan bisa menyelam di kolam Umbul Manten yang memiliki kedalaman hingga 1,5 meter. Umbul Manten menjadi salah satu lokasi padusan menjelang Ramadhan.

Untuk masuk ke obyek wisata ini, pengunjung dikenakan tiket masuk Rp6.000 per orang. Adapun jam operasional wisata Umbul Manten mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

3. Umbul Nilo 

Kolam pemandian yang bersih dan luas di Umbul Nilo Klaten.instagram.com/umbulniloofficial Kolam pemandian yang bersih dan luas di Umbul Nilo Klaten.

Selain Umbul Ponggok dan Umbul Manten, wisatawan bisa berkunjung ke Umbul Nilo. Mengutip Kompas.com (12/6/2022), lokasi Umbul Nilo berada di Desa Daleman, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.

Umbul Nilo memiliki satu kolam utama yang luasnya sekitar 700 meter persegi dengan kedalaman 1,6 meter. Air Umbul Nilo sangat jernih sehingga  dasar kolam terlihat dari pinggiran.

Namun, pengunjung harus berhati-hati saat menyelam karena dasar kolam terdiri dari pasir dan bebatuan. Tarif masuk Umbul Nilo Klaten adalah Rp 8.000 per orang pada weekday dan Rp 10.000 saat weekend. Obyek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

4. Umbul Sigedang 

Kolam Umbul SigedangDok. Umbul Sigedhang Kolam Umbul Sigedang

Tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu produsen air kemasan ternama di Indonesia memiliki sumber air di Klaten. Lokasinya dekat dengan Umbul Sigedang yang berada di Umbulsari, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Oleh sebab itu, Umbul Sigedang juga dikenal sebagai mata air mineral seribu galon. Mengutip Kompas.com (14/3/2022), awalnya lokasi Umbul Sigedang hanya dipakai masyarakat sekitar untuk mandi dan cuci baju.

Kemudian, Umbul Sigedang dikembangkan sebagai obyek wisata yang menawarkan kolam air jernih dan segar.

Baca juga:

5. Umbul Pelem Waterpark 

Umbul Pelem Waterpark di Klatendok. http://umbulpelem.com/ Umbul Pelem Waterpark di Klaten

Umbul Pelem Waterpark adalah wahana permainan air yang bersumber dari mata air alami, berbeda dengan waterpark pada umumnya. Lokasi wisata air di Klaten berada di Jalan Tegalgondo - Janti, Dukuh Wunut, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.

Mengutip situs resminya, pengunjung bisa menjajal berbagai wahana air seru seperti seluncuran, flying fox, kolam terapi, dan perahu atau kano. Tersedia kolam untuk anak-anak hingga dewasa.

Harga tiket masuk Umbul Pelem Waterpark sangat terjangkau yaitu Rp 8.000 per orang pada weekday dan Rp 10.000 per orang pada weekend. Umbul Pelem Waterpark buka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga 16.00 WIB.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com