Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary Satu Hari di Pacitan, Bisa ke Goa Gong dan Museum Song Terus

Kompas.com - 15/05/2023, 14:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pacitan adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Daerah ini terkenal dengan keindahan wisata pantai dan goanya yang indah. 

Oleh karena itu, Pacitan juga dijuluki sebagai kota 1001 goa karena ada banyak sekali goa yang menarik untuk dikunjungi. 

Namun, tidak hanya goa. Pacitan juga memiliki beragam tempat wisata yang tidak kalah menyenangkan, mulai dari air terjun, pantai, museum, hingga sungai. 

Baca juga:

Secara umum, wisata di pacitan juga tidak membutuhkan biaya besar karena harga tiketnya masih termasuk cukup murah. 

Itinerary 1 hari di Pacitan

Jika ingin wisata ke Pacitan satu hari dan masih menyiapkan rencana perjalanan, berikut itinerary yang bisa jadi rekomendasimu:

Tambah wawasan di Museum Song Terus

Pada pagi hari, perjalanan bisa dimulai dengan mengunjungi Museum Song Terus. Pengunjung bisa ke museum ini dengan menempuh jarak sekitar 22 kilometer dari pusat Kota Pacitan.

Lokasinya adalah di Jalan Goa Song Terus, Weru, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Nampak depan Museum Song Terus Pacitan, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Nampak depan Museum Song Terus Pacitan, Jawa Timur.

Museum Song Terus termasuk salah satu destinasi baru di Kabupaten Pacitan, karena baru buka umum pada Oktober 2022. Harga tiket masuknya sejauh ini juga masih gratis. 

Museum ini menyimpan koleksi perjalanan manusia, kebudayaan, dan lingkungan alam di Gunung Sewu sejak zaman pra-sejarah hingga saat ini. Seperti batuan, fosil, hingga kerangka manusia, flora, dan fauna.

Baca juga: Museum Song Terus Pacitan: Jam Buka, Tiket Masuk, dan Fasilitas

Jam buka Museum Song Terus adalah setiap Selasa hingga Minggu, pukul 08.30 WIB sampai 15.00 WIB. Museum ini tutup setiap Senin dan hari besar keagamaan. 

Selain menambah ilmu dari koleksi, pengunjung juga bisa berfoto-foto di area museum yang memiliki desain modern dan futuristik. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com