Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP I Catat Pemulihan Jumlah Penumpang Tertinggi di Asia Pasifik

Kompas.com - 16/05/2023, 16:45 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura I (AP I) mencatat telah melayani 5,3 juta penumpang sepanjang April 2023.

Angka ini mengalami pertumbuhan 55 persen dibandingkan April 2022 yang mencapai 3,4 juta penumpang.

“Kami sangat bangga dan bersyukur bahwa Angkasa Pura I tetap mempertahankan pertumbuhan double digit atau di atas rata-rata pertumbuhan industri aviasi,” ujar Direktur Utama AP I Faik Fahmi, dalam keterangan tertulis, Selasa (16/5/2023).

Baca juga:

Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara, AP I melayani sebanyak 44.988 pergerakan.

Angka ini tumbuh 11 persen dibandingkan dengan jumlah pergerakan pesawat pada periode yang sama pada tahun lalu, yang mencapai 40.572 pergerakan.

Recovery rate Indonesia tertinggi se-Asia Pasifik

Faik menjelaskan, 5,3 juta penumpang pada April 2023 terdiri dari 4,2 juta penumpang rute domestik dan 1,1 juta penumpang rute internasional.

Khusus penumpang rute internasional, jumlahnya terus mengalami peningkatan setiap bulannya sesuai dengan pertumbuhan penumpang internasional se-Indonesia.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan data yang disampaikan International Air Transport Association (IATA) pada Januari-Februari 2023.

“Bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki recovery rate (pemulihan jumlah penumpang) penumpang internasional tertinggi di region Asia Pasifik,” kata Faik Fahmi.

Baca juga:

Lebih lanjut, pertumbuhan recovery rate penumpang internasional Indonesia ada di atas Thailand, salah satu negara yang memiliki jumlah penumpang internasional terbesar di Asia Pasifik.

“Ini menjadi pertanda baik bahwa Angkasa Pura I sebagai gerbang udara domestik maupun internasional harus selalu menjaga pertumbuhan double digit dengan terus menjaga dan meningkatkan service excellence kepada seluruh pengguna jasa bandara,” pungkas Faik Fahmi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com