Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Tempat Wisata Klaten Lengkap, Ada Candi dan Umbul

Kompas.com - 16/05/2023, 23:27 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Klaten merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang menawarkan beragam destinasi wisata mulai dari alam, sejarah, budaya, taman bermain, candi, dan sebagainya. Berikut daftar lengkap wisata di Klaten yang bisa menjadi rekomendasi bagi traveller.

Kota yang berbatasan langsung dengan Sleman, Yogyakarta ini dijuluki Kota 1001 Umbul dan Kota Seribu Candi.

Baca juga: 20 Wisata Alam di Klaten, Bisa Lihat Gunung Merapi Tanpa Mendaki

Baca juga: 5 Wisata Malam di Klaten, Ada Taman Lampion

Daya tarik Klaten adalah sejumlah wisata umbul atau sumber mata air alami yang jarang ditemukan di kota lainnya. Selain itu, terdapat Candi Prambanan yang merupakan candi bercorak Hindu terbesar di dunia.

Wisata Klaten 2023

Berikut daftar lengkap wisata di Klaten pada 2023, seperti dihimpun Kompas.com.

1. Candi Prambanan 

Ilustrasi Candi Prambanan.SHUTTERSTOCK/WINDU_DOLAN Ilustrasi Candi Prambanan.

Candi Prambanan merupakan kompleks candi bercorak Hindu terbesar di dunia yang sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Dunia (world heritage) oleh UNESCO. Sebagian kawasan Candi Prambanan masuk wilayah Klaten, sementara lainnya masuk daerah Sleman, Yogyakarta.

Lokasi Candi Prambanan cukup strategis yakni di jalan utama yang menghubungkan Yogyakarta-Solo. Kawasan candi terbagi menjadi tiga halaman yang dibatasi dengan pagar keliling.

Pada komplek Candi Prambanan, terdapat arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter. Candi Prambanan dibangun pada masa Raja Rakai Pikatan, yang memerintah Mataram Kuno antara 840-856 masehi.

2. Candi Plaosan 

Candi Plaosan di Jawa Tengahdokumentasi Kemenparekraf Candi Plaosan di Jawa Tengah

Candi Plaosan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang bercorak agama Buddha. Letak Candi Plaosan berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, atau sekitar  1,5 kilometer dari Candi Prambanan.

Kompleks Candi Plaosan terbagi menjadi dua bangunan utama, yaitu Candi Plaosan Lor (sisi utara) dan Candi Plaosan Kidul (sisi selatan). Oleh karena itu, Candi Plaosan disebut candi kembar, karena bentuk keduanya sangat mirip

Selain itu, candi Buddha ini terbilang unik, karena arsitekturnya memiliki campuran dengan Candi Hindu. Candi Plaosan adalah salah satu spot hunting foto sunset terbaik yang menjadi incaran para fotografer.

3. Candi Sewu 

Sejumlah Umat Buddha keluar dari Candi Sewu saat prosesi Sarana Puja Waisak di Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019). ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Sejumlah Umat Buddha keluar dari Candi Sewu saat prosesi Sarana Puja Waisak di Candi Sewu, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (18/5/2019).

Candi Sewu merupakan candi bercorak Buddha yang berlokasi di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Lokasinya berdekatan dengan Candi Prambanan sekitar 800 meter.

Candi Sewu merupakan kompleks candi Buddha terbesar kedua setelah Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah. Saat memasuki area candi, pengunjung akan menjumpai arca Dwarapala. 

Pada kompleks candi, terdapat sebuah candi utama, delapan candi pengapit atau candi antara, dan 240 candi perwara. Candi Sewu diperkirakan dibangun abad ke-8 atas perintah Rakai Panangkaran, penguasa Kerajaan Mataram pada waktu itu yang memerintah pada 746-784 masehi. 

4. Candi Sojiwan

Candi Sojiwan di Klaten, Jawa Tengah.Disporapar Jateng Candi Sojiwan di Klaten, Jawa Tengah.

Candi Sojiwan terletak di Dukuh Kalongan, Desa Kebon Dalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Letak Candi Sojiwan berada dekat dengan kompleks Candi Prambanan dan Keraton Ratu Boko.

Candi Sojiwan bercorak perpaduan Hindu dan Buddha. Hal ini terlihat dari atap candi berbentuk stupa yang mewakili agama Buddha dan bentuk tubuh candi yang ramping seperti candi bercorak Hindu.

Candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno ini memiliki relief fabel Jataka dan Awadana. Candi Sojiwan memiliki ketinggian hingga 27 meter dengan denah alas berukuran 20 x 20 meter.

5. Candi Merak 

Candi Merak di Klaten, Jawa Tengah.Kemdikbud Candi Merak di Klaten, Jawa Tengah.

Candi Merak merupakan candi bercorak Hindu yang berada di Desa Karanggongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten.

Bangunan candi diperkirakan dibangun pada abad ke-8 hingga ke-9 masehi pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Penamaan merak  diperkirakan bermula karena sekitar candi terdapat sarang burung merak.

Sejak ditemukan, Candi Merak mengalami beberapakali pemugaran. Candi Merak memiliki sejumlah arca, seperti arca Ganesha, arca Bathari Durga, dan arca Agastya. Sayangnya, beberapa arca di Candi Merak telah rusak.

6. Candi Bubrah 

Candi Bubrah di kawasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.Kemdikbud Candi Bubrah di kawasan Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Candi Bubrah merupakan satu dari empat candi peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang berada dalam kawasan Candi Prambanan.

Letak Candi Bubrah berada di antara Candi Lumbung dan Candi Sewu. Secara administratif, candi ini terletak di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten.

Nama bubrah berasal dari bahasa Jawa yang berarti rusak atau hancur berantakan. Penamaan Candi Bubrah karena kondisi candi saat ditemukan berupa reruntuhan.

Candi yang berukuran 12x12 meter ini kemudian dipugar pada 2016-2017 hingga menjadi bangunan utuh seperti sekarang ini.

7. Candi Lumbung 

Ilustrasi Candi Lumbung di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.Dok. BPCB Jateng Ilustrasi Candi Lumbung di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Candi Lumbung merupakan candi bercorak Buddha yang diperkirakan didirikan sekitar abad ke-9 sampai abad ke-10, pada masa Kerajaan Mataram Kuno.

Nama lumbung berasal dari sebutan masyarakat sekitar, karena bentuknya yang mirip lumbung yakni bangunan tempat penyimpanan padi.

Kompleks candi ini terdiri dari candi induk yang dikelilingi oleh 16 candi perwara. Namun demikian, candi utama sudah berupa reruntuhan. Lokasi Candi Lumbung berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten

8. Candi Gana 

Reruntuhan Candi Gana di kawasan Prambanan, Jawa Tengah.
Wikimedia Commons/Risanprasetyo Reruntuhan Candi Gana di kawasan Prambanan, Jawa Tengah.

Candi Gana atau dikenal sebagai Candi Asu terletak di Dusun Bener, Kelurahan Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. Candi bercorak Buddha ini diperkirakan didirikan pada abad ke-9 hingga abad ke-10 masehi, pada masa Kerajaan Mataram Kuno. 

Candi Gana memiliki kaitan dengan candi-candi di kawasan Prambanan, serta termasuk warisan dunia bersama candi-candi di kawasan Prambanan lainnya.

Lokasi candi berada di tengah perkampungan warga, sehingga masih belum banyak diketahui wisatawan. Selain itu, Candi Gana belum dipugar, kondisinya masih berupa reruntuhan bebatuan di tengah perkampungan warga.

Baca juga:

9. Candi Karangnongko 

Bangunan Candi Karangnongko hanya berupa bagian dasar candi. Lokasinya berada di Desa Karangnongko, kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten.

Situs candi tersebut berada di sebuah area persawahan berupa tumpukan batu andesit.

Denahnya berukuran kurang lebih 9 meter x 9 meter, dengan tinggi kurang lebih 0,50 meter. Situs Candi Karangnongko diduga berlatar belakang Hindu dan dibangun pada abad ke-8 hingga ke-9 masehi.

10. Umbul Ponggok 

Belajar snorkeling dan menyelam di Umbul Ponggok Klaten.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Belajar snorkeling dan menyelam di Umbul Ponggok Klaten.

Umbul Ponggok merupakan salah satu ikon wisata air di Klaten. Obyek wisata ini berupa umbul yang memiliki spot foto Instagramable di dalam air serta aneka wahana.

Mengutip Kompas.com (8/8/2020), keunikan Umbol Ponggok adalah dasar kolam berupa pasir dan berisi berbagai jenis ikan. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok tidak bau amis karena terus mengalir.

Wisatawan yang masuk ke dalam kolam bisa menemui beberapa properti foto menarik, seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, hingga laptop.

Selain berfoto bersama ikan dan beberapa properti, wisatawan juga bisa snorkeling dan diving di Umbul Ponggok. Lokasinya berada di Jalan Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com