Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2023, 06:11 WIB

KOMPAS.com -  Selain dikenal sebagai daerah yang kaya dengan sumber daya aspal, Pulau Butondi Sulawesi Tenggara juga menyimpan berbagai potensi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

"Yang dikenal oleh anak SD (Sekolah Dasar) biasanya Buton itu dikenal dengan aspalnya, padahal di Buton juga ada benteng terluas, ada juga wisata alamnya," kata Pj Bupati Kabupaten Buton Basiran kepada Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Selasa (16/5/2023).

Bagi wisatawan yang baru pertama kali datang ke Buton, Basiran memberikan beberapa tips berkunjung untuk para wisatawan.

Baca juga:

Tips berkunjung ke Buton

1. Siapkan waktu satu minggu

Basiran mengatakan bahwa Kabupaten Buton memiliki beragam destinasi wisata. Mulai dari wisata bawah laut, pantai, wisata sejarah, dan wisata alam berupa hutan dan air terjun.

"Buton punya potensi pariwisata yang cukup bagus, kami punya alam dengan karakteristik hutan tersendiri yang tidak dimiliki di benua lain," kata Basiran.

Oleh sebab itu, ia menyarankan wisatawan dapat meluangkan waktu untuk berwisata selama sepekan di Buton.

"Kalau mau menjelajahi keindahan Buton, harus satu minggu di sana, tidak cukup kalau cuma dua sampai tiga hari saja," kata Basiran.

Baca juga:

Ia menambahkan bahwa infrastruktur ke kawasan wisata di Kabupaten Buton pun sudah bagus, jadi wisatawan tidak perlu khawatir dengan akses transportasi saat berwisata.

Pantai Katembe, salah satu wisata pantai di Pulau Buton.Dok. Shutterstock/Anwar sadad Pantai Katembe, salah satu wisata pantai di Pulau Buton.

2. Datang sebelum bulan puasa

Pada dasarnya wisatawan bisa berkunjung kapan saja ke Kabupaten Buton.

Namun, jika tidak mau ketinggalan acara besar rakyat di Buton, wisatawan disarankan datang sebelum bulan puasa.

"Ada yang namanya pesta rakyat, biasanya dilaksanakan sebelum bulan puasa, sebelum masa panen dan setelah masa panen," kata Basiran.

Baca juga:

Lebih lanjut dikatakan bahwa pada saat acara pesta rakyat, masyarakat di setiap kecamatan di Kabupaten Buton akan berlomba membuat masakan yang lezat.

Makanan tersebut nantinya akan dihidangkan dan dimakan secara bersama-sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com