Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/05/2023, 09:10 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, tidak hanya dikenal berkat produksi aspalnya, tetapi juga berkat daya tarik pariwisatanya

"Buton punya potensi pariwisata yang cukup bagus, kami punya alamnya, wisata sejarah, dan keindahan lautnya," kata Basiran kepada Kompas.com di Gedung Kompas Gramedia, Selasa (16/5/2023).

Baca juga:

Ia menyarankan wisatawan yang hendak berkunjung ke Kabupaten Buton agar meluangkan waktu khusus berwisata selama sepekan.

Bukan tanpa alasan, menurutnya Pulau Buton punya beragam tempat wisata unggulan dan sayang rasanya bila tidak dimaksimalkan saat berkunjung.

Kepada Kompas.com Basiran menyebutkan beberapa tempat wisata yang bisa disambangi oleh wisatawan.

Tempat wisata populer di Pulau Buton

1. Hutan Lambusango

Saat berkunjung ke Pulau Buton, belum lengkap rasanya jika wisatawan belum mengunjungi Hutan Lambusango.

"Hutan Lambusango ini punya karakteristik tersendiri, punya biota flora dan fauna yang tidak ada di negara maupun di benua lain," ujar Basiran.

Bahkan, lanjut dia, daya tarik Hutan Lambusango ini tidak hanya dikenal di kancah nasional, tetapi juga menarik perhatian para peneliti dari luar negeri.

"Sebelum pandemi, bahkan ada mahasiswa dari Inggris yang melakukan penelitian di Hutan Lambusango. Kalau tidak ada yang istimewa dari hutan ini, tidak mungkin mereka jauh-jauh datang ke Lambusango untuk melakukan penelitian," terangnya.

Dilaporkan Kompas.com, Sabtu (6/10/2021), hutan tersebut merupakan habitat dari tarsius yang dilindungi, burung rangkong, anoa dataran rendah, babirusa, dan musang sulawesi.

Hutan Lambusango berlokasi di kawasan Wakangka, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Hutan ini masih terjaga keasriannya. Oleh sebab itu, wisatawan yang datang ke Hutan Lambusango tetap menjaga kebersihan dan tidak merusak lingkungan. 

Baca juga: Benteng Keraton Buton, Wisata Andalan di Kota Baubau

2. Benteng Kesultanan Buton

Benteng Kesultanan Buton, wisata sejarah di Kabupaten Buton.Dok. Shutterstock/Anwar sadad Benteng Kesultanan Buton, wisata sejarah di Kabupaten Buton.

Benteng Kesultanan Buton disebut sebagai benteng terbesar di dunia yang memiliki luas sekitar 23.375 hektar.

"Buton terkenal dengan wisata seribu benteng karena Kesultanan Buton dulu punya sistem pertahanan yang sangat kuat," kata Basiran.

Pusat Benteng Kesultanan Buton berada di Kota Baubau, tepatnya di Jalan Labuke, Melai, Kecamatan Murhum, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Meskipun begitu, benteng ini juga bisa ditemukan di daerah Buton Selatan.

Baca juga: 6 Fakta Benteng Keraton Buton yang Terluas di Dunia 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com