Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Labuhan Lombok, Punya Lokasi Lihat Panorama Gunung Rinjani

Kompas.com - 18/05/2023, 15:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Labuhan Lombok jadi lokasi yang pas untuk menikmati panorama Gunung Rinjani dan Selat Sumbawa. Desa ini terletak di Kecamatan Pringgabaya, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berjarak sekitar 79 kilometer dari Bandara Internasional Lombok, desa ini masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga:

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pun mengagumi alam di desa ini. Ia juga menyinggung soal kolaborasi antara perangkat desa dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) setempat.

"Di sini bentuknya kolaborasi, lahan 10 hektar dikelola dengan baik oleh pokdarwis dan kepala desa agar wisatawan dapat menikmati alam yang indah dan budaya yang kaya raya," terang Menparekraf, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (17/5/2023).

Aneka tempat wisata di Desa Labuhan Lombok, ada Bukit Kayangan

Bukit Kayangan, salah satu tempat wisata di Desa Wisata Labuhan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Desa ini masuk 75 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bukit Kayangan, salah satu tempat wisata di Desa Wisata Labuhan Lombok, Nusa Tenggara Barat. Desa ini masuk 75 desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi selagi berada di Desa Wisata Labuhan Lombok adalah Bukit Kayangan. Di tempat ini, wisatawan bisa menikmati panorama laut Pulau Lombok dan Gunung Rinjani.

Dilansir dari laman Jadesta, wisatawan juga bisa melihat pemandangan matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) di lokasi yang sama.

Wisatawan pencinta aktivitas alam bisa mencoba berkemah di camping ground yang disediakan dengan tarif mulai Rp 15.000 per orang.

Baca juga: 4 Fakta Tradisi Bau Nyale di Lombok, Berawal dari Putri Mandalika

Goa Biawak di Desa Wisata Labuhan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).Dok. Jadesta Goa Biawak di Desa Wisata Labuhan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tidak hanya itu, Desa Labuhan Lombok juga punya Goa Biawak. Selain menemukan biawak, wisatawan juga bisa melihat laut dengan pemandangan Gunung Rinjani.

Tempat dengan tumpukan bebatuan ini juga bisa dijadikan spot berburu pemandangan sunset.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com