Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Hilang, Inilah Lokasi Patung Ganesha di Gunung Bromo

Kompas.com - 19/05/2023, 10:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Patung Ganesha yang berada di dalam kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur, hilang sejak Rabu (17/5/2023) sekitar pukul 07.00 WIB.

Dilansir dari Tribun Travel, Jumat (19/5/2023), patung tersebut bukanlah benda purbakala, melainkan dibuat oleh warga Tengger pada tahun 2012.

Lalu, di mana kah sebelumnya lokasi patung Ganesha tersebut sebelum hilang? Jika pernah berkunjung ke Gunung Bromo, sudahkah kamu melihatnya?

Baca juga: Bisakah Langsung Beli Tiket Bromo di Loket Tanpa Booking Online?

Kompas.com beberapa kali berkunjung ke Gunung Bromo dan sempat menyaksikan secara langsung patung Ganesha itu.

Patung tersebut tidaklah besar, melainkan berukuran 50 sentimeter (cm) x 50 cm dan dibuat dari bahan semen dan tanah (cor).

Lokasi patung Ganesha di Bromo sebelum hilang

Lokasi patung Ganesha itu sebelumnya ada di bibir kawah Gunung Bromo. Wisatawan yang ingin melihatnya harus berjalan menapaki anak tangga menuju kawah Bromo yang masih aktif.

Setelah sampai ujung jalur tangga, belok kiri menyusuri jalan sempit yang berada di tepi kawah aktif dan lereng curam berpasir. Pengunjung harus hati-hati saat melaluinya.

Baca juga: 5 Wisata Sekitar Bromo Hillside, Bisa Sekalian Dijelajah

Nantinya setelah 30 meter dari anak tangga, patung Ganesha berada di sebelah kanan di semacam altar yang menjorok ke kawah, tempat meletakkan sesaji.

Adapun dalam ajaran agama Hindu, Ganesha merupakan Dewa Ilmu Pengetahuan. Dikutip dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Dewa Ganesha digambarkan memiliki tubuh manusia, berkepala gajah, dan bertangan empat.

Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawah Gunung Bromo, Rabu (24/3/2021)

Di setiap tangannya, terdapat atribut beripa kapak (parasu), tasbih (aksamala), pahatan gading (danta), dan mangkuk (patta).

Adapun penyebab hilangnya patung Ganesha itu hingga kini masih belum diketahui, apakah jatuh ke kawah atau ada seseorang yang mengambilnya. Pihak-pihak terkait masih melakukan pencarian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com