Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Basecamp Gogik, Jalur ke Puncak Andong dari Timur

Kompas.com - 21/05/2023, 17:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa basecamp yang menjadi pintu gerbang pendakian menuju puncak Gunung Andong, Jawa Tengah.

Salah satu jalur pendakian ke puncak Andong adalah via basecamp Gogik. Lokasinya berada tepat di sebelah timur gunung ini.

Jalur ini pas bagi pendaki penyuka ketenangan karena lebih sepi dari jalur lain, terutama Sawit sebagai yang paling sering dilalui.

Baca juga: Harga Tiket Pendakian Gunung Andong via Gogik Terkini

Kompas.com sempat mendaki Gunung Andong pada Selasa (16/5/2023) melalui jalur Gogik dan jadi satu-satunya orang yang melalui jalur itu, baik saat naik maupun turun.

Rute ke Basecamp Gogik Gunung Andong

Basecamp pendakian Gunung Andong via Gogik tepatnya berada di Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Jika berencana mendaki Gunung Andong via jalur Gogik, berikut ini Kompas.com rangkum rute ke sana dari jalan utama Magelang-Salatiga via Kopeng:

Dari Pasar Ngablak, belok ke arah utara, memasuki Jalan Ngablak - Grabag. Terus lurus ikuti jalan utama. Sesampainya di pertigaan, terus lurus.

Ikuti jalan utama yang berkelok. Terus lurus sampai tiba di pertigaan mentok gapura dengan neon box running text bertuliskan "Dusun Gondangan Wetan". Belok kiri ikuti jalan utama di pertigaan ini.

Baca juga: Pendakian Gunung Andong via Gogik, Menggapai Puncak dari Timur

Lurus sampai di pertigaan mentok lagi, kali ini belok kiri lalu belok kanan di dua pertigaan. Perjalanan pun sampai di Basecamp Gogik.

Adapun perjalanan menuju Basecamp Gogik paling pas ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau ojek dari Pasar Ngablak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com