Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Musik Blok M Square, Surganya Penikmat Musik Lawas di Jakarta

Kompas.com - 21/05/2023, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di antara deretan kios yang berdiri di basement atau lantai paling dasar di Blok M Square, terdapat area yang disebut sebagai pasar musik.

Sesuai namanya, pengunjung akan bisa menemukan sedikitnya 20 kios yang menjual CD, kaset pita, dan piringan hitam di tempat ini.

Baca juga:

Bagi para pencinta musik jadul, basement Blok M Square menjadi tempat layaknya 'surga' untuk berburu kaset.

"Aku udah dua kali ke sini. Recommended ya, tapi tempatnya memang di bawah tanah, underground. Jadi mungkin belum semuanya tau," ujar seorang pembeli kaset bernama Naya, saat ditemui Kompas.com, Kamis (18/5/2023).

Menurut perempuan usia 18 tahun ini, jika deretan toko kaset dan CD jadul ada di bagian atas, mungkin pengunjungnya bisa lebih beragam dan lebih ramai lagi.

"Jadi nyarinya agak butuh perjuangan, buat yang tau-tau aja," imbuhnya sambil tertawa.

Baca juga: Cara ke Blok M Naik KRL

Digemari para penikmat musik jadul

Naya mengaku sengaja mencari kaset jadul di Blok M Square karena menyukai musik dan dibesarkan di tengah keluarga pemusik. 

"Kebetulan aku juga DJ vinyl, main piringan hitam. Jadi emang suka musik dari kecil, karena papa juga musisi di Bali," tutur dia.

Meski merupakan kelahiran tahun 2000-an dan tidak tinggal pada era saat musik-musik tersebut sedang hits, ia tetap mengincar kaset penyanyi tahun 80-an.

Naya, seorang pengunjung yang memburu kaset musik jadul di pasar musik Blok M Square, Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Naya, seorang pengunjung yang memburu kaset musik jadul di pasar musik Blok M Square, Jakarta Selatan, Kamis (18/5/2023).

Hari itu, ia membeli tiga kaset, yang salah satunya berencana diberikan kepada temannya. Ada kaset dari penyanyi asal Inggris Sade yang hits di tahun 80-an, dan kompilasi jazz Indonesia.

"Aku beli Sade, dia legend ya menurutku, cantik banget," kata Naya. 

Baca juga: Ide Dating Unik, Buat Sablon Bareng Pasangan di Yori Studio M Bloc

Tak hanya anak muda atau orang tua yang sudah senior, salah seorang penjual kaset jadul bernama Untung mengatakan bahwa musik lawas juga cukup populer di kalangan anak-anak. 

"Pembeli ada yang usia 40. Tapi saya kaget juga pas tau ada anak SD ke sini nyari lagunya Chrisye, katanya memang suka. Ada juga yang dateng seragam SMP," kata Untung. 

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com