Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Purworejo, Terpisah dari Jalur Utama dan Akan Diaktifkan Lagi

Kompas.com - 21/05/2023, 21:44 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah, ternyata memiliki stasiun kereta api (KA). Hanya saja, stasiun dan jalur rel ini tidak aktif.

Stasiun Purworejo tepatnya berada di Jalan Mayjend Sutoyo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Dikutip dari laman Heritage KAI, stasiun seluas 848 meter persegi ini dibangun pada tahun 1901 oleh perusahaan KA Belanda, yakni Staats Spoorwegen (SS).

Baca juga: Pandanrejo, Desa Wisata di Purworejo untuk Lihat 5 Gunung di Pulau Jawa

Stasiun Purworejo menghubungkan jalur KA menuju Stasiun Kutoarjo dengan panjang rel sepanjang 12 kilometer (km).

Namun sejak tahun 2010, masyarakat Purworejo tidak lagi melihat KA yang melintas sampai Stasiun Purworejo. Itu karena stasiun dan jalur Kutoarjo - Purworejo ditutup pada tahun 2010.

Terpisah dari jalur rel KA utama selatan Jawa

Adapun lokasi stasiun ini tidak berada di jalur rel KA utama selatan Jawa. KA yang melintas di jalur selatan, tidak melalui Stasiun Purworejo, meski ketika jalurnya masih dibuka.

Di Stasiun Kutoarjo, terdapat percabangan jalur. Pertama adalah jalur utama KA lintas selatan yang menghubungkan daerah-daerah, seperti Yogyakarta-Kebumen-Cilacap-Bandung. Jalur ini masih terus dilakui KA hingga kini.

Kedua adalah menuju Stasiun Purworejo. Dulu, penumpang yang naik KA jarak jauh harus turun di Stasiun Kutoarjo, lalu oper dengan KA feeder menuju Stasiun Purworejo.

Jalur ke Stasiun Purworejo mirip dengan jalur KA Solo-Wonogiri yang juga terpisah dari jalur rel KA utama selatan Jawa. Masyarakat yang ingin ke Stasiun Wonogiri harus turun di Stasiun Purwosari, kemudian naik KA jurusan Wonogiri.

Stasiun Purworejo bakal diaktifkan

Adapun Stasiun Purworejo beserta jalur KA Kutoarjo - Purworejo, kabarnya akan diaktifkan kembali (reaktivasi) setelah tidak aktif sejak 2010.

Diberitakan Kompas.com, Minggu (14/5/2023), rencana reaktivasi tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Purworejo.

Baca juga: 7 Wisata Unggulan di Purworejo, dari Hutan Pinus sampai Air Terjun

"Beliau (Menteri Perhubungan) berharap agar Stasiun Lama Purworejo dapat diaktifkan kembali," kata Bupati Purworejo Agus Bastian, Minggu.

Ia melanjutkan, rencananya Stasiun Purworejo akan kembali melayani KA feeder yang menuju Stasiun Kutoarjo dan sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com