Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Per 1 Juni 2023, Penumpang 4 KA Jarak Jauh Ini Bisa Naik dari Jatinegara

Kompas.com - 22/05/2023, 20:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan, mulai 1 Juni 2023, ada empat kereta api jarak jauh (KAJJ) yang akan melayani naik turun penumpang dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, stasiun ini hanya melayani turun penumpang KAJJ saja.

Adapun empat KAJJ yang akan melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni, yaitu:

  1. KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 06.46 WIB.
  2. KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB.
  3. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 16.56 WIB.
  4. KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, keempat KAJJ yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan kereta api (KA)dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir.

Baca juga:

"Sehingga melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara diharapkan para pelanggan khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat," kata Eva dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (22/5/2023).

Pemberlakuan Gapeka 2023 persingkat waktu tempuh kereta

Ia menjelaskan, penumpang KAJJ bisa naik dari Stasiun Jatinegara sebab mulai diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan, termasuk di wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta.

"Pemberlakuan Gapeka baru akan memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa KA salah satu nya pengaturan operasional untuk pemberhentian KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta," ucap dia.

Adapun Grafik Perjalanan Kereta Api ini, jelas Eva, merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis, yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Ilustrasi Kereta Api Srilelawangsa relasi Medan-Binjai-Kualabingai PP. Berikut jadwal terbaru KA Sri Lelawangsa rute Medan - Binjai pada GAPEKA 2023 yang akan berlaku per 1 Juni 2023.
KOMPAS.com/Mei Leandha Ilustrasi Kereta Api Srilelawangsa relasi Medan-Binjai-Kualabingai PP. Berikut jadwal terbaru KA Sri Lelawangsa rute Medan - Binjai pada GAPEKA 2023 yang akan berlaku per 1 Juni 2023.

"Digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api," papar Eva.

Saat Gapeka baru berlaku pada 1 Juni 2023, terdapat empat KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara, seperti di atas.

Selain itu, manfaat lain dari pemberlakuan Gapeka 2023 yang dapat langsung dirasakan pelanggan yakni efisiensi waktu perjalanan KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

Baca juga: KA Bandara YIA Berangkat Lebih Awal Mulai 1 Juni 2023, Perhatikan Jadwal

Untuk wilayah Daop 1 Jakarta, Gapeka 2023 memberikan percepatan waktu tempuh perjalanan KAJJ sebesar total 2.512 menit per hari. Rinciannya, efisiensi 880 menit pada KA Argo, 585 menit pada KA Eksekutif, 648 pada KA Eksekutif Campuran, dan 399 menit pada KA Ekonomi.

Adapun salah satu KA yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA Argo Lawu relasi Gambir-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 49 menit, dari sebelumnya 7 jam 44 menit menjadi 6 jam 55 menit.

Ada juga KA Fajar Utama Solo relasi Pasarsenen-Solobalapan yang perjalanannya lebih singkat 50 menit, dari sebelumnya 8 jam 30 menit menjadi 7 jam 40 menit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com