Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/05/2023, 20:08 WIB

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan, mulai 1 Juni 2023, ada empat kereta api jarak jauh (KAJJ) yang akan melayani naik turun penumpang dari Stasiun Jatinegara. Sebelumnya, stasiun ini hanya melayani turun penumpang KAJJ saja.

Adapun empat KAJJ yang akan melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni, yaitu:

  1. KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 06.46 WIB.
  2. KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB.
  3. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 16.56 WIB.
  4. KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, berangkat dari Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, keempat KAJJ yang berhenti melayani naik penumpang dari Stasiun Jatinegara tersebut merupakan kereta api (KA)dengan keberangkatan awal dari Stasiun Gambir.

Baca juga:

"Sehingga melalui penambahan layanan naik penumpang di Stasiun Jatinegara diharapkan para pelanggan khususnya dari area Daop 1 Jakarta dapat memiliki alternatif stasiun yang dapat dipilih saat akan berangkat," kata Eva dalam keterangan resmi yang Kompas.com terima, Senin (22/5/2023).

Pemberlakuan Gapeka 2023 persingkat waktu tempuh kereta

Ia menjelaskan, penumpang KAJJ bisa naik dari Stasiun Jatinegara sebab mulai diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan, termasuk di wilayah Daerah Operasi 1 Jakarta.

"Pemberlakuan Gapeka baru akan memberikan sejumlah manfaat bagi pengguna jasa KA salah satu nya pengaturan operasional untuk pemberhentian KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta," ucap dia.

Adapun Grafik Perjalanan Kereta Api ini, jelas Eva, merupakan pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis, yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan.

Ilustrasi Kereta Api Srilelawangsa relasi Medan-Binjai-Kualabingai PP. Berikut jadwal terbaru KA Sri Lelawangsa rute Medan - Binjai pada GAPEKA 2023 yang akan berlaku per 1 Juni 2023.
KOMPAS.com/Mei Leandha Ilustrasi Kereta Api Srilelawangsa relasi Medan-Binjai-Kualabingai PP. Berikut jadwal terbaru KA Sri Lelawangsa rute Medan - Binjai pada GAPEKA 2023 yang akan berlaku per 1 Juni 2023.

"Digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api," papar Eva.

Saat Gapeka baru berlaku pada 1 Juni 2023, terdapat empat KAJJ keberangkatan dari Stasiun Gambir yang akan melayani juga naik penumpang berangkat dari Stasiun Jatinegara, seperti di atas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com