Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2023, 16:16 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Film The Little Mermaid versi live action sudah tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini, Rabu (24/5/2023).

Film ini mengisahkan tentang perjalanan cinta putri duyung bernama Ariel dengan seorang manusia dan juga pangeran bernama Eric. Kisah ini begitu populer dalam versi kartun.

Karena berkisah tentang putri duyung, maka cerita ini mengambil kebanyakan latar belakang tempat di laut dan pantai.

Baca juga:

Pada versi live action film Little Mermaid menggunakan Pulau Sardinia sebagai lokasi syuting, seperti dikutip dari Variety. Sardinia adalah pulau dengan air biru kehijauan sebening kristal yang berada di Italia.

Lalu, di mana letak Pulau Sardinia yang menjadi lokasi syuting The Little Mermaid ini?

Di mana lokasi Pulau Sardinia?

Dilansir dari Britannica, Pulau Sardinia atau Sardegna belokasi di Italia dan termasuk pulau terbesar kedua setelah Sisilia.

Pulau ini terletak 200 kilometer di barat daratan Italia, 12 kilometer di selatan Pulau Corsica, dan 200 kilometer di utara Pantai Afrika.

Sardinia dikenal sebagai laut yang indah indah dan pasir pantainya yang putih, meskipun jantung wilayahnya sebagian besar pegunungan, seperti dikutip dari situs Pariwisata Italia.

Namun, pariwisatanya terkonsentrasi di wilayah pesisir, meskipun saat ini jaringan jalan daratnya sudah jauh lebih baik.

Baca juga: Kota di Italia Ini Larang Pengunjung Pakai Bikini dan Telanjang Dada

Meski sebetulnya terhubung dengan daratan Italia baik lewat udara maupun laut, namun pulau yang relatif terisolasi ini memiliki tradisi yang begitu kaya.

Pulau Sardinia, ItaliaUnsplash.com/REISEUHU Pulau Sardinia, Italia

Dilansir dari US News, jika ingin ke Pulau Sardinia, wisatawan biasanya langsung terbang ke Italia atau negara Eropa lainnya ke salah satu dari tiga bandara di Sardinia, yang berada di pinggiran kota Cagliari, Olbia, dan Alghero.

Baca juga: Sewa Satu Desa Lengkap dengan Kastel di Italia, Biayanya Rp 24,7 Juta per Malam

Apabila kamu lebih suka naik kapal feri, ada beberapa rute yang tersedia dari kota-kota seperti Naples, Palermo, Genoa, Livorno, dan Civitavecchia. Namun, pelayaran ini bisa memakan waktu hingga 12 jam.

Adapun beberapa kapal yang bisa digunakan menuju Pulau Sardinia yakni Grandi Navi Veloci, Moby Lines, dan Tirrenia.

Sardinia juga memiliki beberapa pelabuhan kedatangan yakni di bagian utara, sepanjang pantai timur, dan di selatan pulau.

Baca juga: Terlalu Macet, Tempat Wisata Indah di Italia Ini Batasi Pengunjung

Naik kereta juga bisa menjadi pilihan dan waktunya relatif tepat, terutama jika dibandingkan dengan perjalanan menggunakan mobil.

Kereta menuju Sardinia terhubung dengan kota-kota utama seperti Cagliari, Iglesias, Carbonia, Oristano, Sassari, Porto Torres, dan Olbia.

Tiketnya bisa dibeli secara online, melalui telepon, atau langsung di stasiun. Bahkan, pengunjung juga dapat membelinya di perjalanan dari kondektur, meskipun akan dikenakan biaya tambahan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com