Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Narita Jepang Akan Naikkan Biaya Pelaku Perjalanan Internasional per September

Kompas.com - 26/05/2023, 19:42 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Kyodo News

KOMPAS.com - Bandara Narita di Tokyo, Jepang, berencana menaikkan biaya layanan bagi pelaku perjalanan luar negeri mulai September 2023. Penambahannya akan mencapai 330 yen (sekitar Rp 35.343).

Dilansir dari Kyodo News, Jumat (26/5/2023), biaya tersebut nantinya akan digunakan untuk sejumlah tujuan, antara lain pemeliharaan dan pengoperasian fasilitas serta pemeriksaan keamanan.

Baca juga:

Peningkatan tersebut merupakan dampak dari kenaikan harga dan biaya tenaga kerja, serta berkaitan dengan pulihnya industri penerbangan usai terdampak pandemi Covid-19.

Rincian kenaikan biaya di Bandara Narita Jepang

Ilustrasi Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang. SHUTTERSTOCK/TUPUNGATO Ilustrasi Bandara Internasional Narita, Tokyo, Jepang.

Seiring dengan rencana kenaikan biaya tersebut, pelaku perjalanan luar negeri berusia 12 tahun ke atas yang berangkat dari Terminal 1 dan Terminal 2 akan dikenakan biaya 2.460 yen (sekitar Rp 263.524).

Sementara itu, pelaku perjalan luar negeri berusia dua hingga 11 tahun yang berangkat dari kedua terminal tersebut akan dikenakan biaya 1.240 yen (sekitar Rp 132.833).

Baca juga: Jepang Cabut Syarat Sertifikat Vaksinasi dan Tes Covid-19 mulai 29 April 2023

Di Terminal 3, pelaku perjalanan luar negeri dewasa akan dikenakan biaya 1.370 yen (sekitar Rp 146.759), sedangkan pelaku perjalanan anak akan dikenakan biaya 690 yen (sekitar Rp 73.915).

Pelaku perjalanan luar negeri yang transit di Terminal 1 dan Terminal 2 akan dikenakan biaya 1.230 yen (sekitar Rp 131.762). 

Baca juga: Cara Mengajukan Bebas Visa Jepang 2023, Online dan Offline

Tidak hanya itu, terdapat pula rencana kenaikan biaya untuk keamanan sebesar 550 yen, dari yang sebelumnya 20 yen, untuk seluruh pelaku perjalanan dari Terminal 1 hingga Terminal 3.

Sebagai informasi, Bandara Narita termasuk salah satu bandara tersibuk di Negeri Sakura.  Dilansir dari laman resminya, bandara ini dilengkapi sejumlah fasilitas, antara lain hotel kapsul, restoran, lounge, museum, dan area belanja. 

Pelaku perjalanan yang tengah berada di bandara ini juga bisa mengunjungi sejumlah spot Instagramable yang sebagian besar menawarkan pemandangan pesawat terbang, di antaranya Narita Sakura no Yama, Hikoki no Oka, dan Shibayama Wetlands Park.

Baca juga: 8 Tips Persiapan Liburan ke Jepang untuk Pemula, Bawa Colokan Tipe A

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com