Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lihat Lampion Waisak, Ini 8 Hotel Dekat Candi Borobudur 

Kompas.com - 27/05/2023, 10:48 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Umat Buddha akan merayakan Hari Raya Waisak 2567 BE pada bertepatan dengan Minggu (4/6/2023) mendatang. Masyarakat yang ingin menyaksikan perayaan Waisak secara nasional, bisa mencari hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Baca juga:

Koordinator Humas Waisak Nasional 2567 BE Tahun 2023, Eric Fernando menuturkan, perayaan Waisak di Indonesia akan terpusat  secara nasional di Candi Borobudur.

“Perayaan Waisak pada 4 Juni 2023 terpusat secara nasional di Candi Borobudur,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Perayaan Waisak di Candi Borobudur akan dimeriahkan dengan pelepasan 2.000 lampion saat Festival Waisak Borobudur 2023 pada Minggu (4/6/2023) mendatang. Lokasi perayaan bertempat di Lapangan Marga Utama Candi Borobudur di Magelang, seperti dikutip dari Kompas.com (11/4/2023).

Hotel dekat Candi Borobudur 

Sejumlah biksu dan umat Buddha melakukan ritual doa pagi Waisak 2018 di Candi Borobudur, Magelang, Jateng, DI Yogyakarta, Selasa (29/5/2018). Doa pagi itu menjadi rangkaian Tri Hari Suci Waisak 2018 atau 2562 BE yang mengangkat tema Transformasikan Kesadaran Delusi Menjadi Kesadaran Murni.ANTARA FOTO/ANDREAS FITRI ATMOKO Sejumlah biksu dan umat Buddha melakukan ritual doa pagi Waisak 2018 di Candi Borobudur, Magelang, Jateng, DI Yogyakarta, Selasa (29/5/2018). Doa pagi itu menjadi rangkaian Tri Hari Suci Waisak 2018 atau 2562 BE yang mengangkat tema Transformasikan Kesadaran Delusi Menjadi Kesadaran Murni.

Jika ingin menyaksikan lampion Waisak di Candi Borobodur, ada sejumlah alternatif hotel tempat menginap dekat candi.  Berikut sejumlah hotel dekat Candi Borobudur seperti dihimpun Kompas.com

1. Hotel Sarasvati Borobudur

Teras kamar di Hotel Sarasvati Borobudur, salah satu hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa TengahDok.https://sarasvatiborobudur.com/ Teras kamar di Hotel Sarasvati Borobudur, salah satu hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Hotel ini mengusung konsep arsitektur kolonial klasik, yang dipadukan dengan gaya tradisional Jawa, seperti dilansir dari lamam resminya. Pengunjung bisa menjumpai pemandangan alam yang indah saat menginap di Hotel Sarasvati Borobudur.

Lokasinya berada di Jalan Balaputradewa Nomor 10, Borobudur, Kabupaten Magelang. Jaraknya dari Candi Borobudur sekitar 1 km, bisa ditempuh hanya dalam 4 menit berkendara.

Tarif menginap di hotel bintang tiga ini mulai dari Rp 624.000 per malam, lewat Agoda.

2. The Amrta Borobudur 

The Amrta Borobudur, salah satu hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.Dok. Agoda The Amrta Borobudur, salah satu hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Bangunan The Amrta Borobudur mengusung konsep Jawa klasik dengan ciri khas pendopo berbentuk joglo. Kamarnya berbentuk rumah joglo yang memiliki teras menghadap langsung ke area sawah.

Lokasi The Amrta Borobudur berada di Jalan Badrawati Nomor 30, Dusun, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tarif menginap di hotel ini berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 700.000 di berbagai situs pemesanan hotel online. Jaraknya dari Candi Borobudur hanya 900 meter sehingga bisa dijangkau dengan berkendara selama 3 menit.

3. Hotel Sinom Borobudur Heritage

Hotel Sinom Borobudur, salah satu hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa TengahDok. Visit Magelang Hotel Sinom Borobudur, salah satu hotel dekat Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Hotel Sinom Borobudur Heritagel bisa menjadi alternatif buat kamu yang sedang mencari hotel dekat Candi Borobudur.

Jaraknya dari Candi Borobudur sekitar 1 km, bisa ditempuh selama  menit berkendara. Alamatnya ada di Jalan Jalan Badrawati Ngaran Lor, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Tarif menginap di hotel ini berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 500.000 per malam di berbagai situs pemesanan hotel online.

Melansir Visit Magelang, Hotel Sinom Borobudur memiliki desain bangunan yang minimalis. Lokasinya berada di pedesaan sehingga cocok buat tamu yang ingin suasana tenang.

Baca juga:

4. Manohara

Salah satu kamar di Manohara, hotel di area Candi Borobudur, Magelang, Jawa TengahDok. Manohara Salah satu kamar di Manohara, hotel di area Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Manohara adalah satu-satunya akomodasi yang terletak di dalam area Candi Borobudur, seperti dikutip dari laman resminya. Wisatawan hanya perlu jalan kaki beberapa menit ke Candi Borobudur.

Properti ini dikelola oleh PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero). Manohara memiliki lima kamar berdesain kontemporer Jawa. letak akomodasi ini di Bukit Dagi, ujung barat Candi Borobudur.

Tak cuma menginap, Manohara menawarkan pengalaman wisatawa bagi tamu, seperti sarapan di Bukit Dagi, jelajah Candi Borobudur ditemani pemandu, dan sebagainya. Jika ingin menginap di Manihara, wisatawan bisa reservasi dengan menghubungi nomor yang tertera di website resminya. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com