Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Terjun Tumpak Sewu Sudah Buka Lagi usai Kejadian Turis Asing Tewas Terjatuh

Kompas.com - 29/05/2023, 06:06 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Air Terjun Tumpak Sewu di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sudah buka lagi usai ditutup sementara karena ada turis asing yang tewas terjatuh.

"Alhamdulillah Air Terjun Tumpak Sewu sudah buka lagi," kata pengelola wisata Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang, Abdul Karim kepada Kompas.com, Sabtu (27/5/2023).

Wisatawan tidak hanya bisa menikmati keindahan pemandangan dari spot panorama atas. Akses ke bawah juga sudah dibuka lagi.

Baca juga: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang Terkini

"Wisatawan sudah boleh turun," sambung dia.

Adapun Air Terjun Tumpak Sewu tepatnya berada di Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari perbatasan Kabupaten Lumajang-Malang.

Turis asing tewas terjatuh

Diberitakan Kompas.com, Rabu (10/5/2023), Air Terjun Tumpak Sewu ditutup sementara usai ada turis asing asal Malaysia yang tewas terjatuh saat turun.

Namun, penutupan hanya dilakukan di jalur turun ke titik air terjun. Sementara, kawasan panorama atas masih buka dan bisa dikujungi.

Baca juga: 3 Hal Ini Harus Diperhatikan Saat ke Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang

Kompas.com, Kamis (11/5/2023) mewartakan, turis asing berusia 58 tahun itu terpeleset saat menuruni tebing menuju sungai di bawah air terjun.

Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.KOMPAS.COM/Dok. Titin Riadi Kondisi air terjun Tumpak Sewu di Lumajang yang sempat dilanda banjir lahar dingin Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

"Informasi yang kami terima korban terjatuh setelah menuruni tangga. Tepatnya di jembatan nomor dua, korban terpeleset dan kepalanya terbentur batu," kata Kapolsek Pronojiwo Iptu Wahono Puji di RSUD dr. Haryoto Lumajang.

Akibat kecelakaan tersebut, akses ke bawah air terjun ditutup sementara guna keperluan olah TKP dari pihak kepolisian.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com