Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air di Venesia Mendadak Berubah Warna Jadi Hijau Neon

Kompas.com - 31/05/2023, 06:05 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber AFP,BBC

KOMPAS.com - Air di Venesia, Italia, tepatnya di sekitar Jembatan Rialto, mendadak berubah warna menjadi hijau neon pada Minggu (28/5/2023).

Otoritas setempat pun langsung melakukan penyelidikan untuk mengetahui penyebab berubahnya warna air tersebut.

Baca juga:

Dilansir dari BBC, Selasa (30/5/2023), terdapat beragam spekulasi terkait penyebab peristiwa tersebut, mulai dari pembuangan cairan pewarna hingga aksi protes oleh aktivis lingkungan.

Polisi setempat juga dikabarkan memeriksa CCTV guna memutuskan apakah pembuangan cairan pewarna tersebut berhubungan dengan Volgalonga, atau lomba mendayung perahu, yang akan digelar pada akhir pekan ini.

Baca juga: Usir Burung yang Mengganggu, Tamu Hotel di Venesia Dibekali Pistol Air

Fluorescein kemungkinan jadi penyebab

Air di kanal Venesia, Italia biasanya berwarna bening atau biru. Namun pada Minggu (28/5/2023), air kanal berubah jadi hijau neon.UNSPLASH/KIT SUMAN Air di kanal Venesia, Italia biasanya berwarna bening atau biru. Namun pada Minggu (28/5/2023), air kanal berubah jadi hijau neon.

Berdasarkan analisis dari Regional Agency for Environmental Prevention and Protection of Veneto (Badan Regional untuk Pencegahan dan Perlindungan Veneto atau Arpav), sampel air yang berwarna hijau neon tersebut mengandung fluorescein

Adapun fluorescein merupakan zat pewarna tidak berbahaya yang umumnya digunakan untuk melacak aliran air.

Tidak hanya itu, dikutip dari AFP, Selasa (30/5/2023), sampel yang diteliti tidak menunjukkan adanya zat beracun, namun asal dari zat tersebut tidak dijelaskan lebih rinci.

Baca juga:

Menurut Maurizio Vesco dari Arpav, dosis normal pemakaian fluorescein adalah sebanyak satu sendok penuh. Dalam peristiwa di Venesia, dosis yang digunakan sebanyak satu kilogram.

"Saya sulit memercayai bahwa peristiwa itu adalah sebuah insiden karena satu kilo fluorescein dibuang begitu saja ke dalam kanal," kata Vesco.

Untuk diketahui, peristiwa berubahnya warna air di Venesia pernah terjadi pada tahun 1968.

Pada waktu itu, seniman asal Argentina, Nicolas Garcia Uriburu, "mewarnai" air di perairan Grand Canal di Venesia dengan warna hijau untuk meningkatkan kesadaran akan masalah ekologis.

Baca juga: Lestarikan Lingkungan, Kapal Besar akan Dialihkan dari Venesia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,BBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com