Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Boleh Bawa Makanan ke Perpustakaan Nasional?

Kompas.com - 31/05/2023, 15:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perpustakaan merupakan salah satu opsi tempat belajar ataupun tempat bekerja bagi sebagian orang yang bisa WFH (Work From Home).

Selain gratis, perpustakaan juga didukung dengan suasana tenang serta fasilitas yang menunjang seperti meja, kursi, dan akses internet gratis.

Salah satu perpustakaan yang bisa dikunjungi yaitu Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

"Semua kalangan boleh masuk ke sini, gratis, cukup membuat kartu anggota perpustakaan saja," kata petugas Perpusnas Amsani saat ditemui oleh Kompas.com di lokasi, Kamis (25/5/2023).

Baca juga:

Saat bekerja ataupun belajar selama berjam-jam, apakah pengunjung Perpusnas boleh membawa makanan dan minuman?

Apakah boleh bawa makanan ke Perpusnas?

Pengunjung Perpusnas diperbolehkan membawa makanan dan minuman ke Perpusnas, asal tidak membawa ke ruang baca.

Pengunjung Perpustakaan Nasional di ruang audio visual lantai 8. KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Pengunjung Perpustakaan Nasional di ruang audio visual lantai 8.

Dari pantauan Kompas.com di lokasi, umumnya pengunjung Perpusnas menyantap makanan di area selasar ruang terbuka Perpusnas yang ada di lantai 1 dekat pintu masuk.

Di sana juga tersedia kursi dan meja untuk menyantap makanan.

Perlu diingat, pengunjung yang menyantap makanan di area ini diimbau untuk tetap menjaga kebersihan, dan membuang sampah di tempat yang disediakan.

Baca juga:

Sementara untuk minuman, dari pantauan Kompas.com saat berkunjung ke Perpusnas pada Kamis, pengunjung Perpusnas boleh membawa minuman ke Perpusnas asal tidak membawanya juga ke ruang baca.

Di setiap ruangan Perpusnas terdapat meja khusus penitipan botol minuman yang dibawa oleh pengunjung.

Saat masuk ke ruang bacaan, pengunjung bisa menaruh botol minum di meja penitipan terlebih dahulu. Bila ingin minum, pengunjung bisa kembali mengambilnya dan minum di kursi yang sudah disediakan.

Bukan tanpa alasan, pengunjung tidak diperkenankan membawa botol minuman ke ruang baca untuk menghindari adanya minuman yang tumpah di meja atau bahkan di buku.

Makan di kantin

Pilihan lokasi selanjutnya untuk tempat makan yakni di area kantin. Selain membeli makanan, pengunjung juga boleh makan dan minum di area kantin, meskipun tidak berbelanja di sana.

Di samping itu pengunjung yang ingin menambah makanan, bisa langsung membeli makanan di kantin. Beberapa makanan yang disediakan di sini seperti bakso, ayam geprek, gado-gado, dan nasi ayam.  Harga makanan dan minuman yang disediakan di kantin Perpusnas dibanderol mulai dari Rp 20.000.

Baca juga:

Pilihan lainnnya pengunjung juga bisa minum dan membeli minuman di kantin ataupun di koperasi Perpusnas. Lokasinya ada di lantai empat.

Sekadar informasi, di koperasi Perpusnas hanya melayani transaksi tunai, sementara di area kantin bisa transaksi antarbank.

Maka dari itu, siapkan uang tunai ataupun uang elektronik sebelum berbelanja di sana.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com