Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 09:49 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pesawat Airbus A380 dari maskapai penerbangan Emirates mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis (2/6/2023) lalu. Pesawat ini dikenal sebagai pesawat penumpang komersial terbesar di dunia.

Bernomor penerbangan EK368, pesawat ini berangkat dari Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pukul 03.20 waktu setempat, lalu mendarat di Bali pukul 16.35 Wita.

Baca juga:

“Untuk menyambut kedatangan Airbus A380-800 tersebut, Kementerian Perhubungan bersama Angkasa Pura I dan Tim Emirates telah melaksanakan assessment fasilitas airside dan landside di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali," tutur General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Handy Heryudhitiawan lewat keterangan resmi, Jumat (2/6/2023).

Ia melanjutkan, pergerakan penumpang dari pesawat ke terminal bandara atau sebaliknya telah dilengkapi garbarata atau aviobridge dengan dua belalai guna mengakomodasi A380-800.

Baca juga: Pesawat Komersial Terbesar di Dunia Resmi Mendarat di Bali Hari Ini

Bagian dalam kabin A380-800, ada lounge dan spa

Fasilitas onboard lounge di pesawat A380-800 milik Emirates.Dok. Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin Fasilitas onboard lounge di pesawat A380-800 milik Emirates.

Kerap dijuluki King of the Sky (Raja Angkasa), pesawat A380 yang mendarat pertama kali di Pulau Dewata ini terdiri 14 kursi Kelas Utama (First Class), 76 kursi Kelas Bisnis, dan 427 kursi Kelas Ekonomi, dikutip dari Tribun Bali, Jumat (2/6/2023). 

Penumpang Kelas Utama dan Kelas Bisnis juga bisa menikmati onboard lounge. Ada pula fasilitas onboard shower spa bagi penumpang di Kelas Utama.

Baca juga: Batik Air dan Emirates Kerja Sama Codeshare, Perluas Jaringan ke Eropa

"Di First Class kita ada shower spa, ini shower spa-nya ada dua. Jadi mungkin habis flight (penerbangan) kalau mau mandi kita ada fasilitasnya shower spa, 30 menit reservasinya," kata salah seorang awak kabin Emirates asal Indonesia, Kartika, dilansir dari Tribun Bali.

Tidak hanya itu, penumpang bisa menikmati ruang kaki yang lebih luas dan lebih dari 6.500 saluran hiburan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com