Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 11:57 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pesawat Airbus A380 dari Emirates, yang dikenal sebagai pesawat komersial terbesar di dunia, mendarat pertama kali di Bali dari Dubai pada Kamis (1/6/2023) sekitar pukul 16.35 Wita.

Momen penerbangan pesawat tersebut pun menarik perhatian masyarakat, bahkan aplikasi pelacak penerbangan Flightradar24 menobatkannya sebagai penerbangan yang paling banyak dilacak di seluruh dunia waktu itu.

Baca juga:

Selain melacak penerbangan secara daring, tak sedikit pula masyarakat yang datang ke area sekitar bandara untuk menyaksikan pendaratan pesawat ini. Salah satunya Dedy Soelistijan yang datang ke Pantai Kelan pukul 15.00 Wita.

"Sebelumnya aku ke pantai sebelahnya (Pantai Sekeh), tapi di situ kok kayaknya view-nya (pemandangannya) kurang. Jadi aku balik mutar ke Pantai Kelan, terus aku jalan dan ternyata benar di sana sudah mulai ramai berdatangan (orang-orang)," terang Dedy kepada Kompas.com, Jumat (2/6/2023).

Suasana Pantai Kelan, Bali, pada Kamis (1/6/2023) sebelum mendaratnya pesawat Airbus A380 Emirates.Dok. Dedy Soelistijan Suasana Pantai Kelan, Bali, pada Kamis (1/6/2023) sebelum mendaratnya pesawat Airbus A380 Emirates.

Selain melihat orang-orang yang membawa kamera berlensa tele, pencinta dunia penerbangan ini juga melihat para petugas yang sudah berjaga agar masyarakat tidak mendekati pagar pembatas.

Ia menambahkan, sekitar ratusan orang memadati Pantai Kelan saat itu. Mereka terdiri dari orang-orang yang ingin menyaksikan pendaratan pesawat A380 dan wisatawan yang ingin menikmati panorama sunset (matahari terbenam).

"Menurutku dan beberapa pencinta aviasi lain, Pantai Kelan is the best spot untuk plane-spotting (tempat terbaik untuk mengamati pesawat), apalagi pas mau sunsetIt's a very beautiful view (pemandangannya indah)," tuturnya.

Baca juga: Pesawat Penumpang Komersial Terbesar Dunia Milik Emirates Akan Mendarat di Bandara Ngurah Rai

Merinding ketika pesawat Airbus A380 mendarat

Antusiasme masyarakat menunggu pendaratan pesawat Airbus A380 di Pantai Kelan, Bali, pada Kamis (1/6/2023).Dok. Dedy Soelistijan Antusiasme masyarakat menunggu pendaratan pesawat Airbus A380 di Pantai Kelan, Bali, pada Kamis (1/6/2023).

Mencari spot untuk melihat pendaratan pesawat A380 tentu tidak mudah. Apalagi masyarakat dilarang mendekati pagar pembatas. 

Dedy pun sampai harus menaiki pemecah ombak agar mendapat tempat terbaik. Ia tetap di titik tersebut hingga pesawat mendarat.

"Aku sengaja bawa bekal, aku enggak mau pergi karena di belakangku sudah banyak orang. Kalau pergi dari sini, spot-ku bakal diambil orang," ujarnya.

Baca juga: Bali Jadi Tujuan Pertama Penerbangan Emirates A380 di Indonesia

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com