Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2023, 15:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Saat berwisata ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), sempatkanlah untuk menyelami alam bawah lautnya. Wisatawan bisa mencoba diving (menyelam) ataupun snorkeling

"Ada 52 spot diving di Labuan Bajo yang berada di pulau-pulau kecil yang indah. Ayo dicoba," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi, dikutip dari Antara, Jumat (6/2/2023).

Baca juga:

Dari beberapa spot tersebut, ada yang berlokasi di kawasan Taman Nasional Komodo dan perairan Pulau Komodo. Berikut rekomendasinya:

Spot menyelam di Labuan Bajo

1. Pulau Sabolo

Hamparan pasir putih di Pulau Sabolo, Labuan Bajo, NTT. Pulau ini dikenal sebagai salah satu spot menyelam di Labuan Bajo.Dok. Shutterstock/Pict Jun Hamparan pasir putih di Pulau Sabolo, Labuan Bajo, NTT. Pulau ini dikenal sebagai salah satu spot menyelam di Labuan Bajo.

Pulau Sabolo disebut sebagai salah satu spot diving kesukaan para penyelam. 

Selain hamparan pasir putihnya, Pulau Sabolo memiliki air laut dengan warna gradasi biru.

Bahkan, dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), perairan di pulau ini begitu jernih sehingga wisatawan bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Labuan Bajo, Lokasi KTT ASEAN 2023

2. Manta Point

Ikan pari manta di Manta Point, Peraiaran TN Komodo.Billy Djokosetio Ikan pari manta di Manta Point, Peraiaran TN Komodo.

Manta Point termasuk salah satu spot diving populer di Labuan Bajo.

Sesuai namanya, jika beruntung para penyelam bisa melihat ikan pari terbesar di dunia yaitu ikan pari manta. Dikutip dari Tribun Flores, Jumat (2/6/2023), panjang ikan pari manta di perairan ini bisa sampai tiga meter.

Kendati demikian, harap diingat bahwa ombak di Manta Point bisa cukup besar. Penyelam pemula yang ingin menjelajah alam bawah laut Manta Point diimbau untuk didampingi oleh penyelam profesional.

Selain sebagai spot diving, Manta Point yang masuk kawasan Taman Nasional Komodo ini juga kerap dijadikan sebagai spot snorkeling.

Baca juga: Dikunjungi Jokowi Bareng Cucu, Ini 4 Fakta Goa Batu Cermin di Labuan Bajo

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com