Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 16:17 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS. com - Perayaan Waisak 2023 hari kedua dilaksanakan pada Sabtu (3/6/2023) di Candi Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan yang diadakan pada hari ini adalah penjemputan Air Berkah di Umbul Jumprit, Temanggung, kemudian dilanjutkan dengan ritual pensakralan Air Berkah di Candi Mendut.

Baca juga:

"Air itu diibaratkan sebagai kebahagiaan yang mengalir ke semua makhluk. Sejuk, damai, bersih, dan murni," kata wakil ketua Dharma Duta Thailand, Bhante Khamsai kepada Kompas.com di lokasi, Sabtu (3/6/2023).

Ritual pensakralan Air Berkah

Air Berkah pada perayaan Waisak di Candi Borobudur.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Air Berkah pada perayaan Waisak di Candi Borobudur.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasi, Air Berkah mulanya dibawa dari Umbul Jumprit menuju Candi Mendut menggunakan mobil bak terbuka.

Air Berkah dibawa menggunakan wadah berbentuk kendi yang terbuat dari tanah liat. Air tersebut kemudian dibagi ke setiap wadah yang disiapkan di Candi Mendut.

Setelahnya, Air Berkah kemudian dibawa oleh pengurus Walubi (Perwakilan Umat Buddha Indonesia) bersama para bhante (rohaniawan yang mendalami agama Buddha) menuju altar dekat Candi Mendut.

Baca juga:

Di altar, kendi berisi Air Berkah diletakkan di dekat lilin Api Dharma, disusul dengan penyalaan Api Dharma di dekat kendi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian kata sambutan dan siraman rohani dari Ketua Walubi ke seluruh umat Buddha yang hadir di Candi Mendut.

Rangkaian perayaan Waisak hari kedua kemudian akan dilanjutkan dengan prosesi Pradaksina di Candi Mendut, ritual jalan kaki mengelilingi Candi Mendut sebanyak tiga kali.

Baca juga: Makna Thudong yang Dijalani Para Biksu Thailand, Tak Sekadar Jalan Kaki

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com