Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Naik Kapal Pelni per Juni 2023, Wajib Sudah Vaksin Booster

Kompas.com - 03/06/2023, 19:07 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), hingga saat ini masih memberlakukan syarat wajib sudah vaksin booster untuk seluruh penumpang yang hendak naik Kapal Pelni.

"Belum ada perubahan. Sampai saat ini, setiap penumpang yang ingin naik kapal pelni, khususnya KM Kelud, wajib sudah vaksin booster," kata Kepala Cabang Batam PT Pelni Muhammad Iqbal, Sabtu (3/6/2023).

Ia mengatakan, hal ini dilakukan sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 83 Tahun 2022, dimana SE tersebut penumpang diwajibkan vaksinasi booster.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Pelni Naik hingga 100 Persen per 1 Juli 2023

"Aturan ini berlaku untuk Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan usia 18 tahun ke atas," terang Iqbal.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Namun untuk penumpang yang usianya masih 6 hingga 17 tahun, hal ini tidak diberlakukan aturan vaksin booster. 

"Tapi wajib memenuhi syarat minimal vaksinasi dosis kedua dan penumpang di bawah 6 tahun dikecualikan dari aturan vaksinasi, namun harus dengan pendamping yang memenuhi syarat SE Menhub No. 83 tahun 2022," jelas Iqbal.

Baca juga: 3 Tips Beli Tiket Kapal Nawasena Penyeberangan Lombok-Bali PP

Lebih jauh Iqbal mengatakan, untuk penumpang yang memiliki penyakit komorbid tidak dikenakan aturan vaksinasi serta tidak wajib menunjukkan hasil negatif PCR atau Antigen.

Namun harus menunjukkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Jangan beli tiket di calo

Masih dengan Iqbal, dirinya juga mengingatkan agar calon penumpang kapal pelni untuk tidak membeli tiket kepada calo.

Kapal Pelni NGGAPULU yang berangkat dari Pelabuhan Banda Neira menuju Pelabuhan Kota Ambon. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kapal Pelni NGGAPULU yang berangkat dari Pelabuhan Banda Neira menuju Pelabuhan Kota Ambon.

Bagi masyarakat Batam, tiket bisa dibeli di konter-konter resmi milik Pelni yang ada di kantor Cabang Pelni Batam dan agen resmi Pelni.

"Hindari membeli tiket dengan calo, apalagi di media sosial. belilah tiket di konter-konter resmi milik Pelni yang ada di kantor Cabang Pelni Batam dan agen resmi Pelni," ujar Iqbal.

Baca juga: Tarif Kapal Surabaya-Labuan Bajo per April 2023

Tiket juga bisa didapat di laman web resmi PT Pelni, www.pelni.co.id. Bisa juga melalui Mobile App PELNI MOBILE, atau bisa juga menghubungi Contact Center PELNI 162: 021-162 dan WhatsApp di nomor 08111621162.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com