Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 20:08 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa masjid tidak hanya jadi tempat melaksanakan shalat berjemaah. Ada pula masjid dengan arsitektur megah dan unik yang jadi tempat wisata religi.

Salah satunya adalah Masjid Agung Madaniyah yang berdiri dengan megah di barat Alun-alun Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Keunikan masjid ini adalah arsitekturnya yang dibuat mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah, negara Arab Saudi.

Baca juga: Masjid Ar Rahman Blitar yang Megah, Bagai Masjid Nabawi di Madinah

Masjid ini sebelumnya merupakan Masjid Agung Karanganyar yang dibangun kembali menjadi megah seperti sekarang ini.

"Dulu Masjid Agung Karanganyar. Sudah megah sebenarnya. Tetapi berhubung Bupati Karanganyar (Juliatmono) punya cita-cita untuk dibongkar dan dibangun lagi jadi lebih megah, lebih bagus lagi. Langsung dibongkar dan dibangun jadi seperti ini," kata Kepala Rumah Tangga Masjid Madaniyah Karanganyar Sudaryono kepada Kompas.com Senin (29/5/2023).

Ia melanjutkan, pembangunan masjid baru dimulai tahun 2019, tetapi langsung terjadi pandemi Covid-19, sehingga proses pembangunan molor. Masjid akhirnya jadi pada Jumat (11/3/2022).

Didesain mirip Masjid Nabawi

Arsitektur Masjid Agung Madaniyah pun memang berkiblat pada Masjid Nabawi di Madinah. Beberapa ornamen dan bentuk bangunan dibuat semirip mungkin.

"Bagian dalamnya, tempat imam, pintu, kemudian sebagian tiang. Ornamen-ornamen itu mirip Masjid Nabawi," ujar Sudaryono.

Baca juga: Kemuning Sky Hills, Wisata Baru Jembatan Kaca yang Hits di Karanganyar

Salah satu ikon Masjid Nabawi yang ditiru adalah adanya payung-payung besar di bagian luar masjid. Saat ini, hanya ada empat payung besar. Ke depannya, jumlah payung besar akan ada 12.

Kemegahan Masjid Agung Madaniyah pun menjadi magnet bagi banyak kalangan untuk wisata religi. Menurut Sudaryono, banyak pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

Bagian dalam cottage Masjid Agung Madaniyah, Karanganyar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bagian dalam cottage Masjid Agung Madaniyah, Karanganyar.

Pengelola masjid juga menggelar acara rutin, seperti pengajian Minggu pagi mulai pukul 06.00 WIB sampai 07.00 WIB dengan pembicaranya bergantian, bisa dari NU, LDII, Muhammadiyah, juga Habib.

Masjid ini juga rutin menggelar acara saat peringatan hari-hari besar umat Islam, seperti saat Maulid Nabi atau Isra Miraj.

Baca juga: Rute ke Candi Cetho, Karanganyar di Lereng Gunung Lawu

"Ramadhan 2023 kemarin pas Nuzulul Quran, imam masjid dari Palestina, termasuk mubaliqnya. Jemaahnya banyak sekali," imbuh Sudaryono.

Bisa naik menara pandang

Adapun daya tarik wisata religi Masjid Agung Madaniyah makin bertambah dengan adanya spot panorama di salah satu menaranya.

Panorama di Menara Pandang Masjid Agung Madaniyah, Karanganyar.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama di Menara Pandang Masjid Agung Madaniyah, Karanganyar.

Pengunjung bisa naik di spot panorama dengan ketinggian sekitar 70 meter hanya dengan membayar Rp 5.000.

Jam buka menara pandang adalah pukul 12.30 WIB sampai 20.30 WIB saat Senin sampai Jumat. Pada akhir pekan (Sabtu-Minggu), jam bukanya adalah pukul 07.00 WIB sampai 20.30 WIB.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com