Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/06/2023, 23:06 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Pencinta film horor tentunya tidak asing dengan film Pengabdi Setan. Ternyata, rumah ikonik di film horor tersebut berada di Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Kini, rumah lokasi syuting film Pengabdi Setan tersebut menjadi salah satu tempat liburan di Pangalengan.

Baca juga:

Pangalengan merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bandung yang menyimpan banyak potensi wisata. Kamu bisa menikmati beragam keindahan panorama alam di Pangalengan.

Tak hanya keindahan alam, destinasi wisata itu menyajikan beragam spot foto Instagramable. Kamu juga bisa melakukan aktivitas camping atau glamour camping (glamping) dengan latar belakang pegunungan.

Tempat liburan di Pangalengan

Berikut tempat liburan di Pangalengan seperti dihimpun Kompas.com.

1. Taman Langit Pangalengan 

Taman Langit Pangalengandokumentasi pribadi Taman Langit Pangalengan Taman Langit Pangalengan

Obyek wisata ini memiliki nama lengkap Taman Langit Pangalengan 360. Sesuai namanya, kamu bisa menyaksikan pemandangan Pangalengan secara 360 derajat, dari ketinggian 1.670 (mdpl), seperti dikutip dari Kompas.com (16/5/2023).

Wisatawan bisa menikmati keindahan hamparan kebun teh hijau dari Taman Langit Pengalengan. Bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana malam hari, bisa camping pada area yang tersedia.

Harga tiket masuk Taman Langit Pangalengan adalah Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Jika kamu hendak camping, tiket masuknya sebesar Rp 35.000. Sementara tarif camping mulai dari Rp 450.000, tergantung paket yang dipilih.

Lokasinya ada di Kampung Puncak Mulya, Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

2. Sunrise Point Cukul 

Sunrise Point CukulTRIBUN JABAR/AGUNG YULIANTO WIBOWO Sunrise Point Cukul

Tempat lainnya untuk menikmati pemandangan Pangalengan dari ketinggian adalah Sunrise Point Cukul.

Destinasi wisata ini merupakan tempat populer untuk menikmati panorama sunrise di Bandung Selatan. Lokasinya berada di Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Kawasan ini berada di ketinggian 1.600 mdpl. Wisatawan juga berkemah di lokasi ini. Jika cuaca terang, pada malam hari wisatawan bisa berburu panorama milky way di Sunrise Point Cukul.

Harga tiket masuk Sunrise Point Cukul tergolong murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan akan dikenai tarif parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000 dan mobil sebesar Rp 10.000.

3. Buana Life 

Buana Life, restoran di Pangalengan, Bandung yang mengusung konsep rumah adat Papua.Dok. Instagram @buanalife Buana Life, restoran di Pangalengan, Bandung yang mengusung konsep rumah adat Papua.

Jika kamu tengah mencari restoran unik di Pangalengan, maka Buana Life bisa menjadi alternatif. Alih-alih mengusung nuansa Tanah Sunda, restoran ini memiliki konsep rumah adat Papua, Honai.

Buana Life tidak meninggalkan ciri khas Sunda. Oleh sebab itu, pihak pengelola menggunakan atap rumbia atau dikenal sebagai hateup dalam bahasa Sunda

Selain menikmati aneka makanan dan minuman, pengunjung Buana Life bisa berfoto dengan latar belakang Gunung Tilu, menonton live music setiap akhir pekan, atau bermain di kolam koi. Buana Life juga menyediakan fasilitas gathering, foto prewedding, dan wedding.

Buana Life menawarkan hidangan khas Indonesia, Asia, dan western kepada pengunjung. Jika ingin bersantap di Buana Life maka datanglah ke Margamekar, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.

4. Nimo Highland

Nimo Highland.INSTAGRAM @NIMOHIGHLAND Nimo Highland.

Nimo Highland adalah salah satu obyek wisata populer di Bandung. Mengutip Kompas.com (9/1/2023), pengunjung bisa menikmati pemandangan perkebunan teh di tempat yang berkonsep ala Santorini di Yunani.

Lokasi Nimo Highland berada di Gunung Nini, tepatnya di Banjarsari, Pangalengan, Bandung Selatan.

Salah satu daya tarik Nimo Highland adalah jembatan kaca sepanjang 150 meter berbentuk huruf U, yang kerap menjadi spot foto pengunjung. Jembatan ini juga diklaim sebagai jembatan kaca terpanjang di Bandung.

Bila menaiki jembatan ini, pengunjung bisa menikmati pemandangan perkebunan teh, pegunungan, dan Situ Cileunca.

Baca juga:

5. Rumah film Pengabdi Setan 

Rumah tua lokasi syuting film Pengabdi Setan di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/1/2018). Belakangan rumah ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan lokasi syuting film garapan Joko Anwar.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Rumah tua lokasi syuting film Pengabdi Setan di kawasan PTPN VIII, Kampung Kertamanah, Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/1/2018). Belakangan rumah ini menjadi ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran dengan lokasi syuting film garapan Joko Anwar.

Salah satu lokasi film horor garapan Joko Anwar ini berada di kawasan perkebunan teh Kertamanah, tepatnya di Margamukti, Pangalengan, Kabupaten Bandung.

Mengutip Tribun Travel, rumah dalam film Pengabdi Setan tersebut semakin populer setelah dijadikan lokasi syuting film pada 2017 lalu. Kini, rumah tersebut terbuka bagi wisatawan yang ingin berkunjung.

Desain bangunan rumah tersebut tampak kuno sehingga memberikan kesan menyeramkan seperti dalam film.

Wisatawan yang berkunjung ke rumah Pengabdi Setan akan menemukan hiasan dinding termasuk foto sosok Ibu, dalam film horor tersebut. Traveler juga diizinkan untuk berfoto di setiap sudut rumah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com