Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awal Mula OMAH Library, Perpustakaan Hidden Gem dari Tempat Belajar Arsitektur

Kompas.com - 04/06/2023, 12:01 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Sebuah perpustakaan pribadi yang dibuka untuk umum di Kota Tangerang, OMAH Library, awalnya bermula dari tempat para arsitek belajar. 

Memiliki lokasi yang tersembunyi karena merupakan satu area dengan tempat tinggal sang pemilik arsitek bernama Realrich Sjarief di kompleks perumahan, OMAH Library menyimpan sejarah panjang. 

"OMAH Library dimulai dari anak-anak muda dulu datang ke saya, belajar arsitektur. Kalau di Indonesia. berapa tahun lalu itu informasi soal arsitektur sulit dan jarang didapatkan," ujar Rich kepada Kompas.com, Jumat (16/5/2023).

Baca juga: 7 Aktivitas yang Bisa Dilakukan di OMAH Library, Tidak Hanya Baca Buku

Menurut dia, seseorang yang akan belajar praktik arsitektur dulu memang sulit, harus menunggu seminar.

"Jadi, saat itu anak-anak muda, mahasiswa, berulang kali per minggu datang ke studio saya di Permata Buana (lokasi lama)," imbuhnya. 

Saat itu, sekitar tahun 2015, Rich membuka ruang praktik kecil-kecilan di rumah orangtuanya di Permata Buana, Jakarta Barat. 

Tempat para arsitektur muda belajar

Ia memberikan kesempatan para arsitektur muda untuk berkumpul, berdiskusi, dan berbagai cerita. Bahkan, kadang ia membuka workshop yang bisa diikuti hingga 50 orang. 

Dirinya rutin bercerita secara langsung maupun melalui buku-buku. Akhirnya, makin banyak orang yang datang untuk belajar mengenai arsitektur. 

Ruang duduk-duduk di OMAH Library, Meruya, Tangerang. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Ruang duduk-duduk di OMAH Library, Meruya, Tangerang.

Sebagai informasi, Rich menjelaskan bahwa para mahasiswa yang baru lulus tidak bisa langsung menjadi arsitek yang mendesain berbagai macam hal.

Layaknya dokter yang perlu koas, mereka juga harus mendapatkan pelatihan atau praktek tertentu untuk memperoleh lisensi. Oleh karena itu, banyak dari arsitek muda dengan tingkat pengalaman berbeda-beda, datang menjadi asisten Rich. 

Baca juga: Bersantai Sambil Baca Buku di OMAH Library, Nyaman seperti di Rumah

"Akhirnya saya bikin struktur bangunan bentuknya lengkung, tapi dulu di Permata Buana, lalu dipindah ke sini. Ini jadi suatu tempat penanda bahwa OMAH Library itu akhir," terang dia. 

Adapun OMAH Library yang merupakan singkat dari On Meeting Architecture Hub (OMAH) akhirnya pindah ke Taman Villa Meruya Blok F2/15-16, Karang Mulya, Kecamatan Kembangan, Kota Tangerang, Banten, pada 2016. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com