Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Dekat GBK, Ada yang Tinggal Jalan Kaki

Kompas.com - 05/06/2023, 12:05 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta Pusat menjadi lokasi pertandingan antara tim nasional Indonesia melawan tim nasional Argentina dalam FIFA Matchday, Senin (19/6/2023).

Beralamat di GBK Sports Complex di Jalan Pintu Satu Senayan, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, stadion ini berdekatan dengan beberapa tempat wisata. 

Baca juga: Pertandingan Indonesia Vs Argentina Digelar di Stadion GBK, Ini Rutenya

Berikut rekomendasi sejumlah tempat wisata dekat Stadion GBK yang bisa dikunjungi:

Tempat wisata dekat GBK

1. Hutan Kota GBK

Suasana di Hutan Kota GBK, Selasa (28/3/2023)Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Suasana di Hutan Kota GBK, Selasa (28/3/2023)

Hutan Kota GBK masih berada di kawasan GBK Sports Complex. Jaraknya sekitar 800 meter berjalan kaki dari Stadion GBK.

Di tempat ini, wisatawan bisa melepas penat sejenak secara gratis dengan berolahraga atau duduk menikmati pemandangan pepohonan hijau berlatar pencakar langit Ibu Kota. Wisatawan pun bisa menggelar tikar untuk piknik, namun tetap harus menjaga kebersihan. 

Dilaporkan Kompas.com, Jumat (31/3/2023), Hutan Kota GBK buka dari Selasa hingga Minggu dengan dua shift operasional yakni pukul 06.00-10.00 WIB dan pukul 15.00-18.00 WIB.

Baca juga: Panduan ke Hutan Kota GBK: Jam Buka, Fasilitas, dan Aturan Masuk

2. Taman Kota GBK

Taman GBK, lokasi alternatif buat piknik selain Hutan Kota GBK, Jakarta PusatKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Taman GBK, lokasi alternatif buat piknik selain Hutan Kota GBK, Jakarta Pusat

Tidak jauh dari Hutan Kota GBK, tepatnya 200 meter di seberang lapangan softball, terdapat Taman Kota GBK.

Berlokasi di dalam kawasan GBK Sports Complex, taman ini bisa jadi lokasi piknik alternatif  yang gratis dengan latar gedung perkantoran di Jalan Jenderal Sudirman.

Taman ini buka setiap hari hingga pukul 22.00 WIB mengikuti jam operasional GBK. 

Baca juga: Taman Kota GBK: Jam Buka, Akses, dan Syarat Masuk

3. Skywalk Senayan Park

Suasana di skywalk Senayan Park, Selasa (7/3/2023). KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Suasana di skywalk Senayan Park, Selasa (7/3/2023).

Senayan Park memiliki area rooftop bertajuk Skywalk Senayan Park yang jadi tempat melihat pemandangan Kota Jakarta dari ketinggian. Panoramanya pun akan semakin ciamik bila mendekati matahari terbenam (sunset).

Selain pencakar langit di Jalan Jenderal Sudirman dan sekitarnya, kamu juga bisa melihat Stadion GBK dan Gedung Nusantara di di Kompleks Parlemen RI.

Untuk memasuki area rooftop ini, pengunjung wajib berbelanja di mal tersebut sebesar Rp 50.000. Kamu pun tinggal menyeberang dari GBK Sports Complex untuk sampai di lokasi, tepatnya di sisi Jalan Gerbang Pemuda.

Baca juga: Panduan Naik Skywalk Senayan Park, Rooftop Hits di Jakarta Pusat

4. JPO GBK, JPO Bundaran Senayan, dan JPO Polda

Lampu JPO Gelora Bung Karno dinyalakan berwarna biru untuk memperingati World Autism MonthDokumentasi Pemprov DKI Jakarta Lampu JPO Gelora Bung Karno dinyalakan berwarna biru untuk memperingati World Autism Month

Di dekat GBK Sports Complex, terdapat tiga Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang berdesain modern dan Instagramable yakni JPO GBK, JPO Bundaran Senayan, dan JPO Polda.

Ketiganya terhubung dengan Halte Transjakarta yakni Halte GBK, Halte Bundaran Senayan, dan Halte Polda.

Kamu bisa mengunjungi ketiga JPO tersebut dengan naik bus Transjakarta atau berjalan kaki di pedestrian Jalan Jenderal Sudirman. 

Bila dari Stadion GBK, kamu tinggal berjalan kaki selama kira-kira 10 menit ke JPO GBK, sekitar 15 menit ke JPO Bundaran Senayan, dan sekitar 20 menit ke JPO Polda. 

Baca juga: Tak Hanya JPO Phinisi, Ini 9 JPO Instagramable di Jakarta

5. JPO Phinisi Karet Sudirman

JPO Phinisi Karet SudirmanKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong JPO Phinisi Karet Sudirman

JPO Phinisi Karet Sudirman termasuk JPO Instagramable di Ibu Kota, khususnya ketika malam tiba karena akan diterangi lampu-lampu yang membuatnya semakin unik. 

Berlokasi di depan Hotel Le Meridien Jakarta, JPO ini memiliki bentuk mirip kapal pinisi. 

Jarak dari Stadion GBK ke Hotel Le Meridien Jakarta kira-kira 2,9 km dengan durasi berkendara hampir 10 menit. Tentunya kamu juga bisa ke JPO ini dengan menaiki bus Transjakarta, lalu turun di Halte Karet.

Baca juga: 4 Tips Penting Berfoto di JPO Phinisi Sudirman, Hati-hati Melangkah!

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com