Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/06/2023, 21:38 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan adanya rencana pemberian diskon tiket pesawat 40 persen ke wilayah Indonesia Timur.

Menurutnya, diskon yang rencananya bakal diterapkan untuk setiap penerbangan itu masih dalam tahap pembahasan.

Namun, Sandiaga menegaskan, diskon pesawat itu tidak diberikan untuk semua tiket pesawat.

"Diberikan diskon 40 persen untuk 20 persen dari unsold seats (kursi yang tidak terjual). Ini sedang dibahas dengan kementerian dan lembaga terkait, termasuk dengan maskapainya," kata Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno, Senin (5/6/2023). 

Baca juga:

Ia meyakini, lewat kebijakan ini harga tiket pesawat ke daerah wilayah Indonesia timur bisa turun hingga 8-10 persen.

"Kita harapkan bisa menurunkan tiket pesawat sebanyak 8-10 persen," imbuhnya. 

Lebih lanjut, penerapan rencana ini akan segera diperbarui karena pihaknya juga telah membentuk tim gugus tugas (task force) antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dari informasi yang dikumpulkan, ungkapnya, saat ini tiket pesawat untuk beberapa rute tertentu sudah mulai berangsur turun.

Seperti ke Belitung kemarin sudah bisa di bawah angka Rp 800.000 dan ini bisa kita dorong ke wilayah Indonesia lainnya termasuk ke Indonesia timur," kata Sandiaga. 

Baca juga: Syarat Naik Pesawat Terbaru, Masih Wajib Vaksin Booster

Tingginya tiket pesawat sebabkan inflasi

Menhub Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan untuk memberi diskon tiket pesawat untuk arus balik pada tanggal 26 hingga 29 April 2023THINKSTOCK Menhub Budi Karya Sumadi meminta maskapai penerbangan untuk memberi diskon tiket pesawat untuk arus balik pada tanggal 26 hingga 29 April 2023

Sebagai informasi, sebelumnya dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Sandiaga mengatakan bahwa harga tiket pesawat menjadi salah satu penyebab inflasi di wilayah Indonesia Timur.

"Biaya angkutan udara menyumbangkan cukup signifikan dari inflasi di Indonesia bagian timur, tadi rapat mengkaji komponen-komponennya dan kita akan tingkatkan jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi melalui pola kolaborasi," kata Sandiaga usai melakukan rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (29/5/2023).

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Merokok di Pesawat? Ini Alasannya

Ia menjelaskan, nantinya pemerintah daerah akan memborong kursi atau block seat dalam setiap penerbangan.

Lebih lanjut, block seat yang dilakukan oleh pemerintah daerah sebesar 20 persen dari kursi yang tidak terjual dalam setiap penerbangan.

"Ini sudah dicoba di Wakatobi dan dikembangkan di destinasi lain. Jadi pemerintah daerah bekerja sama dengan pemerintah pusat dan maskapai penerbangan akan lakukan kebijakan block seat. Sehingga 20-30 persen dari kebutuhan itu akan terjamin sehingga harga tiket bisa ditekan lebih rendah," pungkasnya. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com