Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Padukuhan Wotawati dari Pantai Sadeng, Permukiman di Dasar Bengawan Solo Purba

Kompas.com - 06/06/2023, 20:28 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Geopark Gunung Sewu memang menyuguhkan pesona keunikan alam, mulai perbukitan kapur, goa, atau gunung api purba.

Selain itu, ada lagi jejak peninggalan fenomena geologi berupa bekas aliran sungai purba. Lokasinya ada di Kepanewon atau Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Bekas aliran sungai purba itu kini berupa lembah memanjang yang berada di antara dua kawasan perbukitan.

Baca juga: Pantai Sadeng Gunungkidul yang Unik, Berada di Muara Bengawan Solo Purba

Dikutip dari Kompas.com, Senin (5/6/2023), lembah itu adalah bekas aliran Bengawan Solo Purba yang dulu bermuara di laut selatan.

Kondisi Padukuhan Wotawati di Dasar Lembah Bengawan Solo Purba.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kondisi Padukuhan Wotawati di Dasar Lembah Bengawan Solo Purba.

Lembah itu kini bisa dengan mudah dijumpai dengan berkendara menuju Pantai Sadeng yang juga merupakan muara Bengawan Solo Purba.

Rute ke Desa Wotawati di dasar lembah Bengawan Solo Purba

Namun, tempat menarik di Lembah Bengawan Solo Purba tidak hanya Pantai Sadeng saja. Ada satu permukiman di dasar lembah, yakni Padukuhan Wotawati.

Permukiman ini berada di tepi Provinsi DIY yang berbatasan dengan Kabupaten Wonogiri di sebelah timur.

Baca juga: Rute ke Pantai Sadeng dari Wonogiri, Jalannya Sudah Berbeda Jauh

Berada di dasar lembah, panorama desa ini begitu menawan. Berada di dasar lembah membuat Kompas.com serasa berada di antara dua benteng hijau raksasa saat berkunjung ke sana pada Jumat (26/5/2023).

Saat ini, Padukuhan Wotawati memang belum dikelola secara khusus untuk wisata. Meski begitu, pengunjung bisa menjelajah lahan pertanian di dasar lembah yang diapit dua bukit.

Dari Pantai Sadeng, jarak tempuh ke Padukuhan Wotawati adalah sekitar 11 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 30 menit.

Dari Pantai Sadeng, kamu perlu kembali lagi ke JJLS. Belok kanan ke arah Wonogiri lalu belok kanan di percabangan yang terdapat SD Negeri Wotawati Girisubo.

Terus lurus ikuti jalan yang merupakan Jalur Lintas Selatan lama itu. Nantinya, belok kanan di gang dengan gapura bertuliskan “Padukuhan Bendo”.

Baca juga: Wisatawan ke Arah Gunungkidul Diimbau Hati-hati Bila Lewat JJLS

Terus lurus sampai perempatan yang jalan aspalnya belok kanan. Ambil lurus meninggalkan jalan aspal di perempatan ini.

Lurus sampai mentok di pertigaan, lalu belok kiri. Terus lurus ikuti jalan yang mulai menurun ke dasar lembah, maka saat mentok di pertigaan nanti, perjalanan sudah sampai di Padukuhan Wotawati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com